Ciri Ciri Ikan Patin Jantan dan Betina

Urbanina.com – Ikan Patin (Pangasianodon hypophthalmus) merupakan jenis ikan yang amat disukai sebab rasa dagingnya memang lezat. Maka dari itu memelihara ikan patin menjadi peluang bisnis yang memberi harapan dalam budidaya ikan. Guna menjalankan budidaya ikan patin, Anda terlebih dulu mesti melaksanakan pembenihan. Untuk menyelenggarakan pembenihan, Anda pun mesti melaksanakan seleksi indukan terlebih dulu. Namun apa ciri ciri ikan patin jantan dan betina?

Di Indonesia, ikan patin terkenal sebagai komoditi yang mempunyai prospek cerah untuk dibudidayakan. Selain gampang untuk dipelihara juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan ikan ini mendapatkan perhatian dari masyarakat dan banyak digemari oleh para pebisnis ikan untuk dikembangkan.

Ciri Ciri Ikan Patin Jantan dan Betina

Telah menjadi rahasia umum bila patin merupakan ikan yang tak dapat dipijahkan dengan cara alami, namun secara buatan. Oleh karenanya, pemilihan induk pun tidak dapat asal-asalan perlu pengetahuan tersendiri. Anda harus mengetahui ciri ciri ikan patin jantan dan betina untuk kepentingan pemilihan induk, pemijahan, penetasan, dan pemeliharaan larvanya.

Ciri ciri Ikan Patin Jantan dan Betina

Kelamin jantan dan betina setiap hewan bisa dibedakan dengan jelas, termasuk ikan patin. Tentunya terlebih dahulu harus dipelajarinya dengan melihat dari dekat beberapa tanda pada tubuh ikan bersangkutan. Untuk yang sudah paham, membedakan jantan dan betina tidak harus dari dekat, tetapi dari jauh saja sudah cukup.

Seperti hewan yang lainnya, patin bisa dibedakan dengan melihat tanda-tanda pada tubuh bagian luar. Buat membedakan kedua jenis kelamin tersebut bisa dilihat dari alat kelamin, warna kulit, dan bentuk tubuhnya. Pada organ tubuh tersebut akan jelas sekali apa perbedaannya.

Ikan patin tidak seternar ikan gurame, ikan lele dan ikan mas, namun budidaya ikan patin merupakan favorit khusus untuk sekarang ini.

Perbedaan Induk Ikan Patin Jantan dan Betina

Sebelum Anda lakukan pembenihan ikan patin, membedakan jenis kelamin merupakan hal penting untuk siapa pun yang akan terjun dalam budidaya ikan patin ini.

Sebenarnya perbedaan ikan patin bisa dilihat dari tanda-tanda fisiknya. Berikut ini ciri ciri ikan patin jantan dan betina yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Patin jantan ditandai dengan bentuk tubuhnya yang panjang dan ramping, warna kulitnya cerah sedikit kemerahan, dan mempunyai sebuah alat kelamin yang bentuknya panjang. Patin jantan bila telah matang gonad pada alat kelaminnya akan berwarna memerah dan sedikit menggembung. Disamping itu, bila alat kelaminnya diurut/pencet akan menghasilkan cairan dengan warna putih susu.
  1. Patin betina bisa ditandai dengan bentuk tubuhnya yang gemuk dan sedikit pendek, warna kulitnya sedikit kusam dan lebih halus, serta mempunyai dua lubang di bagian pengeluaran. Kedua lubang itu berguna untuk megeluarkan urin dan telur.

Patin betina yang telah siap matang gonad bisa ditandai dari bentuk perutnya yang membuncit, permukaan kulitnya lebih lembut dan jika diurut/dipencet akan mengeluarkan telur yang memiliki warna kecokelatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *