Kolam Ikan Nila dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Kolam Ikan Nila dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Urbanina.com – Budidaya ikan nila pada prinsipnya bisa dijalankan di beragam macam kolam. Namun Anda harus mengetahui terlebih dulu syarat utamanya, yakni kolam ikan nila mesti mempunyai ketersediaan air bersih yang memadai. Lalu untuk model atau bentuknya dapat dibuat menurut kemauan Anda seperti kolam ikan nila model segitiga, melingkar, memanjang hingga segi empat.

Untuk ukurannya bisa juga dibuat sesuai dengan keperluan. Misalnya berdasarkan jumlah populasi ikan dan tempat dimana akan dibuat kolam ikan nila itu. Sementara itu dari sisi jenis/model pembuatannya terdapat 3 macam yaitu jenis kolam ikan nila dari kolam beton, kolam terpal dan tanah.

Kolam Ikan Nila dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Sesudah Anda membuat kolam ikan nila, maka tahap selanjutnya yang tepat yaitu menyiapkan kolam ikan nila itu sebelum mulai menebarkan benih. Menyiapkan kolam ikan nila merupakan hal penting dan tidak boleh disepelekan. Persiapan awal sebelum ditebar benih pada kolam ikan nila akan berpengaruh sekali pada hasil panen kelak. Pertumbuhan ikan nila bisa maksimal dan waktu panennya bisa dicapai dalam waktu yang lebih singkat bila persiapan yang dilakukan juga tepat.

Ketidakberhasilan pembudidaya ikan nila biasanya lantaran kesalahan pada persiapan kolam. Di bawah ini 5 langkah mudah untuk menyiapkan kolam ikan nila yang perlu dilakukan sebelum dimulai menebarkan benih.

Pengeringan kolam

Lakukanlah pengeringan terhadap kolam nila. Perlu waktu kira-kira 1 minggu, tergantung pada cuaca yang ada. Namun salah satu ciri keadaan kolam yang baik adalah bila kita injak tanah di dalam kolam tersebut masih dapat meninggalkan bekas injakan itu dengan kedalaman sekitar 1-2 cm.

Pembersihan kolam

Kolam mesti bebas dari lumpur kotor sisa makanan ikan yang membusuk, batu dan kerikil.

Pembajakan

Lakukanlah pembajakan atau pencangkulan dengan kedalaman kira-kira 10 cm.

Penetralan tanah

Bila sebelumnya sudah pernah digunakan untuk membudidayakan ikan nila, maka kolam itu mesti dinetralkan terlebih dahulu dengan mempergunakan dolomit atau kapur pertanian.

Hal ini disebabkan lantaran tanah tersebut terlampau asam. Usahakanlah dolomit yang ditebar dapat melebur ke dalam tanah sejauh kira-kira 10 cm lantas diamkan meresap sekitar 2-3 hari lamanya dan tidak boleh diperlakukan apa-apa.

Pemupukan

Lakukanlah pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk urea atau pupuk kandang. Hal ini dilakukan untuk memancing tumbuhnya organisme seperti ganggang yang akan menjadi makanan gratis bagi ikan nila kelak.

Adapun cara pemupukan yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Pupuk alami diterbarkan dengan cara merata, biarkan selama 10-14 hari.
  2. Kemudian berikan juga pupuk kimia, biarkan selama 2-3 hari.

Pengairan

Isilah dengan air setinggi 10-20 cm. Biarkan selama berhari-hari supaya sinar matahari dapat meresap masuk dan ganggang beserta tumbuhan renik yang lainnya dapat tumbuh/hidup (pada umumnya tidak hingga 6 hari, tergantung pada cuaca setempat).

Nah, apabila kolam ikan nila telah siap, silahkan diberi air setinggi 60-75 cm. Dengan demikian ikan nilai pun siap untuk diternak/dibudidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *