Ternak Ikan Nila Kolam Tembok, Ini Lho Caranya

Ternak Ikan Nila Kolam Tembok, Ini Lho Caranya

Urbanina.com – Ternak ikan nila kolam tembok saat ini merupakan salah satu usaha yang amat prospektif. Pasalnya sekarang ini kebutuhan terhadap ikan nila semakin tinggi. Tidak heran jika banyak petani/perternak ikan mencoba beternak ikan nila di kolam tembok sekitaran tempat tinggal mereka. Dengan ternak ikan nila kolam tembok sebenarnya tidak demikian sulit dan ribet. Tetapi untuk melakukan ternak ikan nila kolam tembok Anda harus sabar dan jeli.

Cara ternak ikan nila kolam tembok terdapat banyak masalah yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda harus melihat ukuran dari kolam ikan yang Anda bangun. Anda baiknya menyesuaikan ukuran kolam ikan dengan banyaknya jumlah ikan yang diterbarkan pada kolam. Pasalnya jika jumlah ikannya terlalu banyak bisa membuat banyak ikan tidak tumbuh sehat dan sempurna serta bisa-bisa mati sebab tidak mendapatkan asupan.

Ternak Ikan Nila Kolam Tembok

Setelah kolam dibuat pada dasar kolam tersebut diberi pupuk terlebih dahulu. Setelah itu di atas pupuk kandang diberi jerami kering atau daun-daun kering. Kemudian garam ditaburkan pada kolam agar airnya terasa asin. Keadaan ini mesti didiamkan terlebih dulu selama 2 hari dan setelahnya Anda bisa memasukkan air di kolam.

Cara ternak ikan nila kolam tembok tahap berikutnya yakni pemilihan bibit ikan nila. Anda bisa mendapatkan ikan nila pada penjual bibit ikan atau pasar terdekat. Ketika Anda sudah memiliki bibit dan berhasil mendederkan (membesarkan) bibit sebaiknya Anda mulai belajar untuk menentukan bibit ikan unggul. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa memijahkan sendiri sampai Anda bisa menghasilkan bibit ikan nila unggul sendiri.

Langkah berikutnya dalam cara ternak ikan nila kolam tembok yakni merawat/memelihara ikan. Merawat ikan mesti dijalankan dengan baik, teliti serta rutin. Alangkah baiknya Anda rajin memberi pakan pada ikan ketika pagi hari dan sore hari. Upayakan pakan yang diberikan pada ikan tersebut mengandung nutrisi yang baik bagi pertumbuhan ikan. Apabila perlu dalam waktu 1 bulan sekali Anda bisa memberikan pakan vitamin. Anda juga mesti mencermati kebersihan kolam agar si ikan tidak cepat sakit. Agar pembesaran ternak ikan nila kolam tembok bisa berlangsung dengan baik, maka Anda bisa selalu memanfaatkan pompa untuk menjadikan air mengalir. Pasalnya ikan nila merupakan ikan sungai sehingga dengan mengalirkan air pada kolam akan menjadikan ikan merasakan ada di dalam habitat aslinya.

Selain itu, Anda pun mesti mengawasi penyakit yang bisa jadi ditemui pada ikan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ikan sakit, seperti bakteri, jamur, dan stress. Ikan bisa juga sakit dikarenakan kalah dalam memperebutkan makanan dengan ikan lainnya sampai-sampai ikan jadi kekurangan makan. Nah, maka dari itu Anda mesti mencermati tanda-tanda penyakit ikan dan secepatnya memisahkan ikan sakit di kolam tersendiri. Langkah terakhir yang dikerjakan pada ternak ikan nila kolam tembok adalah panen. Metode pembesaran ikan biasanya dilaksanakan selama maksimal 6 bulan dan setelah itu  barulah ikan bisa dipanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *