Budidaya Ikan Nila Mas Yang Amat Menjanjikan

Budidaya Ikan Nila Mas Yang Amat Menjanjikan

Urbanina.com – Setiap orang tentunya ingin melakukan investasi buat hari tuanya ataupun untuk memenuhi keperluan setiap harinya. Salah satu jenis investasi yang memberi harapan ialah investasi dalam budidaya ikan nila mas. Ikan merupakan pangan yang pasarannya tidak pernah mati. Nyaris semua orang menyenangi ikan, tak terkecuali ikan nila mas yang mempunyai daging putih, kenyal, putih, dan rasanya tawar sehingga akan gampang untuk dimasak apa saja sesuai selera dan keinginan. Masa depan bisnis ini pun termasuk bagus sebab pangsa pasarnya bukan saja di dalam negeri, tetapi ikan ini pun laris manis di Amerika Serikat.

Bila Anda ingin menekuni bisnis ini, tidak boleh tanggung-tanggung sebab omsetnya menjanjikan sekali. Omset budidaya ikan nila mas yang menjanjikan ini pastinya mesti diimbangi dengan keuletan dan kerja keras dalam menjalani seluruh proses, mulai dari pemilihan bibit sampai panen. Anda pun mesti mengetahui risiko yang akan dihadapi dalam budidaya ikan ini. Jika Anda pemula, tidak boleh tergesa-gesa dalam menjalani usaha ini, pahamilah langkah-langkah yang mesti Anda tempuh agar budidaya ikan nila Anda tidak menderita kegagalan.

Budidaya Ikan Nila Mas

Bibit ikan yang dipilih mesti bibit berkualitas super yakni bibit dari nilai jantan. Penting diketahui jika ikan nila tergolong ikan monosex. Kolam mesti dibikin yang langsung mendapatkan cahaya matahari. Sebelum kolam diisi mmesti dikeringkan dulu kemudian ditaburi dengan garam krosak agar terlepas dari jamur. Sesudah diisi air, masukkanlah pupuk kandang kering ke dalam karung, tusuk-tusuklah memakai paku, berilah batu agar tenggelam saat dimasukkan ke dalam air. Kemudian taburkan kira-kira 4 sdm urea ke dalam air kolam. Biarkan air kira-kira 1 minggu, setelah itu air siap dipergunakan untuk penebaran bibit. Tebarlah bibit ikan secara pelan-pelan, tidak boleh secara kasar memasukannya.

Tahapan pemeliharaan budidaya ikan nila mas adalah tahap yang penting sekali untuk dicermati sebab banyak terjadi kegagalan di taraf ini, seperti beberapa ikan sakit dan mati sebab keadaan air dan serangan hama. Agar hasil panen ikan sesuai dengan yang diharapkan sebaiknya pakan atau pelet ikan yang diberikan mesti disesuaikan dengan besarnya ikan dimana ikan mesti mengonsumsi pakan dengan takaran protein sekitar 25%. Jika air telah keruh dan berbau, secepatnya ganti dengan air yang baru agar ikan selalu sehat dengan keadaan air mengandung pH konstan. Menjelang masa panen (4-6 bulan), lakukanlah penyortiran sebab ukuran ikan dapat berbeda-beda.

Estimasi bersih budidaya ikan nila mas ini mesti benar-benar teliti, mulai dari modal yang mesti dikeluarkan untuk membeli bibit, pakan, vitamin, kelengkapan kolam dan biaya yang lainnya dengan penghasilan yang Anda dapat. Bila normal, omsetnya dapat mencapai hingga lima kali lipat lebih dari modal yang sudah dikeluarkan. Bagaimana, omset budidaya ikan nila mas itu amat menjanjikan, bukan? Maka jangan pernah ragu-ragu untuk memulai usaha budidaya ikan  ini. Ketahui lalu pahami dan kemudian tirulah langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *