Tips Memilih Bibit Ikan Lele Untuk Dibudidaya

Tips Memilih Bibit Ikan Lele Untuk Dibudidaya

Urbanina.com – Tingkat kesuksesan atau keberhasilan dari budidaya ikan lele sangat ditentukan oleh kualitas benih ikan lelenya itu sendiri yang akan diternak nanti. Karena budidaya ikan lele bisa menderita kegagalan bila salah dalam memilih benihnya. Lantas bagaimana caranya untuk memilih benih ikan lele yang memang baik? Apa sajakah tips memilih bibit ikan lele untuk dibudidaya?

tips memilih bibit ikan lele untuk dibudidaya

Ada berbagai kriteria penting yang harus dicermati sebelum Anda mengambil keputusan untuk membeli bibit atau benih ikan lele tertentu. Berikut tips memilih bibit ikan lele untuk dibudidaya yang bisa digunakan untuk mendapatkan bibit lele yang berkualitas.

 

Beli bibit yang berasal dari pembudidayaan benih ikan lele

Anda sebaiknya membeli benih ikan lele dari Balai Benih Ikan yang telah mempunyai izin dan  sertifikasi untuk memastikan bila benih yang Anda dapatkan berasal dari induk ikan lele yang memang unggul. Tentu saja pembudidaya itu pun telah mengaplikasikan berbagai cara pembenihan ikan yang baik dan tepat sehingga benih ikan lele yang anda dapatkan pun terjamin mutunya, begitu pula halnya dengan usaha budidaya lele yang dijalankan oleh Anda.

 

Amati gerakan dan fisik benih ikan lele

Benih ikan lele yang betul-betul memiliki kualitas tentunya mempunyai ukuran tubuh yang berkualitas juga bila dilihat dari sisi fisik. Entah itu ukuran tubuhnya ataupun kepalanya yang seimbang, tak ada cacat, tak ada luka, sungutnya tak kelihatan pucat dengan warna tubuhnya yang cerah dan mengkilat. Adapun ciri-ciri yang lain dari benih lele yang memiliki kualitas baik dan sehat yaitu mempunyai gerakan lincah, aktif dan tak menggantung ataupun menggerombol di bagian sudut kolam. Apabila terdapat suatu masalah pada fisik ataupun kesehatannya justru ikan mempunyai gerakan lamban atau malas bergerak.

 

Ukuran sama atau seragam

Pilih ukuran benih ikan lele yang seragam. Acapkali dijumpai benih lele yang ukurannya justru tidak sama atau seragam padahal keadaan itu bisa menyebabkan pertumbuhan ikan lelenya jadi tak serempak. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama kalau ikan lele ini benar-benar termasuk sebagai salah satu jenis ikan yang mempunyai sifat kanibal. Maka dari itu bila terasa lapar makanya ikan lele yang mempunyai ukuran lebih besar akan memakan atau memangsa ikan lele lainnya yang mempunyai ukuran jauh lebih kecil. Oleh karena itu bila keadaan  pertumbuhan ikan lele yang dibudidayakan tidaklah serempak akan membuat usaha Anda menjadi gagal panen dikarenakan beberapa ikan yang pertumbuhannya lambat habis dimakan.

 

Tips memilih bibit ikan lele untuk dibudidaya tadi akan amat bermanfaat juga untuk Anda yang sedang merencanakan memulai bisnis atau usaha pembudidayaan ikan lele. Dengan tips memilih bibit ikan lele untuk dibudidaya ini juga akan semakin memungkinkan bila usaha yang anda jalani dapat berlangsung dengan lebih lancar, disamping itu tentu saja lebih mencegah risiko terjadinya gagal panen sesudah mengeluarkan sejumlah biaya dengan nilai yang tidak sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *