Tips Budidaya Ikan Lele Dalam Kolam Terpal

Tips Budidaya Ikan Lele Dalam Kolam Terpal

Urbanina.com – Budidaya ikan lele yang cepat panen atau menghasilkan menjadi pilihan beternak yang banyak dicari oleh para pembudidaya ikan lele. Pasalnya budidaya dari ikan lele sebagai salah satu jenis ikan air tawar ini termasuk bisnis yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, permintaan pasar akan ketersediaan ikan ini setiap tahunnya selalu meningkat dengan pesat. Ikan lele dumbo merupakan jenis ikan lele yang umumnya mudah untuk dibudidayakan oleh peternak. Namun jika Anda ingin membudidayakannya dengan hasil yang optimal sebaiknya ketahui terlebih dulu tips budidaya ikan lele dalam kolam terpal.

tips budidaya ikan lele dalam kolam terpal

Setiap pecinta kuliner atau makanan banyak yang menggemari ikan lele karena ikan ini mempunyai tekstur daging renyah sekali. Selain itu, budidaya ikan lele dalam kolam terpal yang  cepat panen ini benar-benar menguntungkan dalam hal pemeliharaannya yang sangat mudah dan pertumbuhan ikannya pun cepat besar. Dengan mengikuti tips budidaya ikan lele dalam kolam terpal tentu saja akan membuat Anda semakin mudah untuk berkecimpung dalam bisnis ini.

Lantas, keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dari ternak ikan lele menggunakan kolam terpal ini? Berikut ini beberapa kelebihannya yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak memerlukan tempat atau lahan berukuran luas sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran ketersediaan tempat, di halaman atau pekarangan rumah pun jadi.
  • Biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
  • Kondis tanah tidak mempengaruhi pada pemeliharaan ikan lele karena air dalam kolam terpal tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau bahan/material lain, apalagi bahan kimia.
  • Penggantian dan pengeringan air sangat mudah dilakukan sehingga air bisa tetap selalu bersih.
  • Penataannya sangat fleksibel karena kolammya dapat dipindahkantempatkan jika memang perlu dilakukan.
  • Hama dan penyakit menjadi mudah untuk dideteksi oleh si peternak ikan.
  • Pengamatan terhadap perkembangan dan perubahan ikan lele menjadi mudah dikerjakan.
  • Pemanenan dapat dilakukan dengan mudah dan lebih praktis.

Oya, supaya budidaya ikan lele cepat panen, berikut ada beberapa tips budidaya ikan lele dalam kolam terpal yang patut Anda perhatikan :

Persyaratan Kolam Terpal

Untuk melakukan teknik budidaya ini Anda harus menyesuaikan ukuran kolam terpal dengan jumlah benih ikan lele yang akan dibudidayakan. Kolam terpal harus diusahakan menyisakan beberapa area supaya ikan lele yang sedang diternak bisa lebih leluasa bergerak dan berpindah.

Persiapan Peralatan Ternak

Persiapkan terpal dengan ukuran yang sudah disesuaikan beserta alat-alat lainnya batu bata, kerangka besi, kayu dan papan. Jangan lupa untuk mempersiapkan tali, paku dan kawat buat penunjang dalam proses pembuatan kerangka.

Ada dua macam atau jenis budidaya pada ternak lele dumbo ini, yaitu untuk kepentingan pembibitan dan konsumsi. Ternak lele untuk pembibitan biasanya membudidayakan ikan ini untuk dijual kembali pada peternak yang lainnya dalam bentuk benih lele ataupun bibit. Sedangkan, ternak lele untuk konsumsi umumnya untuk dipasarkan kembali dengan ukuran tertentu, yakni ukuran siap dikonsumsi).

Semoga tips budidaya ikan lele dalam kolam terpal ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Selamat beternak dan sukses buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *