Kemitraan Ternak Lele, Solusi Tepat Atasi Permodalan dan Skill

Kemitraan Ternak Lele, Solusi Tepat Atasi Permodalan dan Skill

Urbanina.com – Peluang bisnis budidaya lele hingga saat ini sebenarnya masih amat menjanjikan dan terbuka luas untuk siapa saja. Konsumsi dan kebutuhan masyarakat Indonesia pada ikan lele ini besar sekali. Hal ini menyebabkan potensi usaha ternak lele prospektif sekali serta menguntungkan.  Beternak lele sebenarnya relatif mudah dilakukan asalkan mempunyai lahan dan modal yang cukup. Namun bila memang modal Anda tidak mencukupi atau kurang modal sebaiknya Anda pun tidak perlu khawatir karena saat ini telah ada kemitraan ternak lele sebagai solusinya.

Memperoleh modal untuk usaha ini dapat dilakukan dengan beragam cara, melakukan kemitraan ternak lele salah satunya. Kemitraan usaha ini pun banyak caranya, bisa dalam bidang kerjasama modal, entah itu bibit atau yang lainnya. Dengan adanya mitra ternak lele ini tentunya ada waktunya Anda dapat memperoleh modal sendiri untuk mengembangkan budidaya ikan lele yang Anda pelihara. Dengan demikian usaha ternak lele yang Anda lakukan akan lebih sukses dan berkembang (besar). Jadi dengan sendirinya laba (keuntungan) yang didapat dengan membudidayakan ikan lele inipun akan kian besar.

Kemitraan Ternak Lele, Solusi Tepat Atasi Permodalan dan Skill

Apabila Anda memang masih baru belajar dalam membudidayakan ikan lele ini, maka modal bisa merupakan hal yang kesekian yang mesti Anda miliki. Guna menjalankan usaha budidaya ikan lele yang harus Anda miliki ialah keterampilan (skill) untuk membudidayakan ikan lele itu terlebih dulu. Buat memperolhe hal itu Anda pun masih dapat melakukan banyak hal. Salah satu diantara cara buat memperoleh keterampilan ialah dengan mengikuti pelatihan budidaya ikan lele yang saat ini sering diselenggarakan di banyak daerah di Indonesia. Dengan mengikuti pelatihan ini Anda tidak hanya akan memperoleh keterampilan, terkadang ada program pelatihan yang setelah menjalani pelatihan akan diberikan beberapa bibit ikan lele bagi para pesertanya.

Disamping dengan mengikuti pelatihan untuk memperoleh keterampilan melaksanakan budidaya ikan lele juga dapat dilakukan dengan membaca tulisan-tulisan tentang budidaya ikan lele di buku, majalah, surat kabar, bahkan di internet seperti di urbanina. Bisa juga membeli e-book atau  modul budidaya ikan lele. Dengan membaca e-book atau modul budidaya ikan lele ini Anda dapat mempelajarinya bagaimana cara menjalankan budidaya dengan tepat. Dengan cara beternak ikan lele yang tepat maka keuntungan atau laba yang diperoleh dari hasil panen ikan yang melimpah tersebut disertai kualitas ikannya yang baik sehingga akan makin besar dan banyak keuntungan yang didapat.

Saat ini pola kemitraan ternak lele yang banyak sekali dilakukan adalah pola kemitraan inti plasma. Pada pola jenis ini Anda sebagai pembudidaya lele akan bermitra dengan sebuah atau beberapa perusahaan budidaya selaku inti-nya. Saat ini ada beragam pola kerjasama yang ditawarkan, misalnya sistem harga kontrak atau sistem bagi hasil. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi pada dasarnya semua sama, yakni perusahaan budidaya bertindak sebagai inti yang akan membina pembudidaya lele yang merupakan plasmanya supaya lebih maju dan mandiri dalam menggeluti bisnis budidaya ikan lele.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *