Ciri 2 Lele Dumbo yang Perlu Diketahui

Ciri 2 Lele Dumbo yang Perlu Diketahui

Urbanina.com – Pecel lele merupakan salah satu jenis kuliner kesukaan di Indonesia. Lele yang digoreng secara garing menjadi terasa lebih gurih dan nikmat bila lele yang merupakan obyek masakannya ialah lele dengan mutu terbaik. Nyaris segenap masyarakat Indonesia mengetahui cara memasak ikan lele dengan cara digoreng. Tetapi, dengan banyaknya penggemar lele, cara pengolahannya juga kian lebih beragam. Para penggemar ikan jenis ini ternyata tidak cuma asalnya dari seluruh wilayah di Indonesia, tetapi nyatanya juga datang dari berbagai negara di sekitar Indonesia. Tidak ayal lagi, tidak sedikit orang dari luar Indonesia yang mengimpor lele dari Indonesia. Hal ini menjadikan bisnis lele menjadi makin antusias sekarang ini. Peminat bisnis budidaya lele pun semakin banyak dan banyak orang belajar cara beternak ikan lele. Namun tahukah ciri 2 lele dumbo itu apa saja?

Lele dumbo meruapakan salah satu diantara beberapa jenis ikan lele yang banyak disukai oleh para pengusaha budidaya lele. Sejumlah pembudidaya mengatakan lele dumbo adalah hasil kawin silang dua species ikan lele, yaitu antara lele betina Clarias fuscus dari Taiwan dan lele jantan Clarias mossambicus dari Kenya, Afrika. Dari hasil kawin silang itu diperkirakan beberapa sifat lele jantannya lebih dominan. Lantas, sebenarnya apa saja ciri 2 lele dumbo ini?

Ciri-ciri Lele Dumbo yang Perlu Diketahui

Untuk Anda yang belum mengenali dengan jelas seperti apa bentuk ikan lele dumbo, di bawah ini adalah ciri 2 lele dumbo yang perlu Anda diketahui, diantaranya:

  • Memanjang bentuk tubuhnya, tidak memiliki sisik dan licin.
  • Bagian dorsalnya mempunyai warna hitam dan bagian ventralnya memiliki warna putih susu.
  • Sirip di bagian dadanya sudah berubah menjadi patil.
  • Sungutnya memiliki empat pasang.
  • Di dekat sungut memiliki alat olfaktori yang berguna untuk penciuman dan perabaan.
  • Mencari makanannya di malam hari (nocturnal).
  • Lele tergolong dalam ikan pemakan campuran (omnivor), tetapi condong sebagai karnivor.
  • Tidak demikian menyenangi cahaya/sinar (Photopobi).
  • Memiliki alat pernapasan tambahan (arborescent).

Selain ciri-ciri di atas, ciri 2 lele dumbo yang asalnya dari Afrika ini nyatanya mempunyai ukuran yang lebih besar ketimbang jenis lele lokal yang terdapat di Indonesia. Patilnya lele dumbo tumpul jadi lebih disenangi oleh orang-orang. Akan tetapi disamping beberapa kelebihannya itu, tampak terdapat sebuah kekurangan yang ada pada lele dumbo. Daging lele dumbo kelihatan menjadi lunak dan amat mudah hancur jika digoreng. Namun lantaran daya tahan hidupnya yang kuat pada tempat tinggalnya sehingga lele dumbo tergolong salah seekor jenis lele yang banyak diternak oleh kebanyakan orang di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Dengan bantuan teknologi kekinian, lele dumbo dapat mempunyai kualitas daging yang lebih baik dari sebelumnya. Hasil kawin silang lele dumbo dengan lele lokal yang asalnya dari Asia Tenggara pun terbukti dapat memperbaiki kualitas dagingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *