Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Tembok

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Tembok

Urbanina.com – Ikan lele merupakan sejenis ikan yang sering dibudidayakan orang bernilai ekonomis tinggi. Sebagian besar orang pasti mengenal ikan lele sebab ikan ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat. Ada berbagai macam cara memelihara ikan lele dan cara budidaya ikan lele kolam tembok adalah salah satunya yang dinilai menguntungkan. Ikan lele merupakan salah suatu ikan yang mudah untuk diternak atau dibudidayakan jadi Anda dapat dengan gampang untuk mencobanya memanfaatkan kolam tembok yang dibuat sendiri.

cara budidaya ikan lele kolam tembok

Berikut tahapan cara budidaya ikan lele kolam tembok :

Ukuran Kolam

Membuat kolam dengan ukuran paling kecil 1 x 3 meter, namun umumnya berukuran 2 x 5 meter. Setelah membuat kolam selesai biarkanlah kolam kosong tanpa ikan dan air selama beberapa hari supaya bermacam zat berbahaya dari pengecoran tembok tidak mempengaruhi pada pertumbuhan ikan lele nanti.

Persiapan Kolam

Untuk beternak ikan lele dengan cara budidaya ikan lele kolam tembok, maka Anda harus mengisi air sebanyak ½ dari tingginya kolam pada bak budidaya. Selanjutnya pelepah pisang dimasukkan ke dalam bak sebanyak-banyaknya untuk mengikat senyawa berbahaya yang terdapat pada kolam. Anda mesti menaburkan pupuk kandang terlebih dulu pada dasar kolam itu sebelum memasukkan bibit ikan lele dan taburkan juga kapur pupuk supaya kadar keasaman dalam air bisa dikontol secara baik. Anda baru dapat memulai budidaya ikan lele sesudah pelepah pisang membusuk sekitar 2 minggu.

Sirkulasi Oksigen Dalam Kolam

Anda mesti merawat kolam dengan baik jika ingin beternak ikan lele dengan cara budidaya ikan lele kolam tembok. Anda mesti rajin mengganti air dalam kolam secara teratur supaya peredaran oksigen dalam kolam selalu baik. Untuk saluran pembuangan sebaiknya Anda membuat lubang yang ukurannya sebesar selang paralon. Nah, supaya ikan tidak ikut keluar lewat saluran pembuangan makanya Anda harus menutup pintu pembuangan tersebut dengan jaring. Pembudidaya mesti rutin membersihkan kolam supaya keadaan kolam bisa selalu segar. Pemberian pakan dapat dilakukan secara rutin 2x sehari  dengan memberikan pelet supaya ikan lelenya bisa cepat tumbuh besar.

Cara budidaya ikan lele kolam tembok benar-benar mudah sekali dilakukan dan dengan potensi pasar yang amat menguntungkan bisa Anda jadikan bisnis atau usaha yang menarik bagi Anda. Ada berbagai keuntungan yang didapat dengan menjalankan budidaya ikan lele pada kolam tembok. Kita akan jauh lebih mudah dalam membersihkan kolam dengan melakukan budidaya ikan lele yang menggunakan kolam tembok. Keuntungan lainnya adalah kolam menjadi lebih awet karena tak mudah rusak. Selain itu, karena tak bersentuhan dengan tanah secara langsung maka kondisi air pun dapat selalu terawat. Bagaimana, Anda tertarik untuk berbudidaya ikan lele di kolam tembok? Selamat mencoba dan semoga sukses menyertai Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *