Sejarah Ikan Lele Dumbo Hingga Terkenal Di Indonesia

Sejarah Ikan Lele Dumbo Hingga Terkenal Di Indonesia

Urbanina.com – Di Indonesia ini, siapa sih yang tidak kenal dengan lele dumbo? Tanpa menyebutkan kata ikan didepannya pun orang tahu bahwa lele dumbo adalah varietas atau jenis ikan lele yang unggul dan cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Namun, apakah Anda tahu bagaimana sejarah ikan lele dumbo tersebut? Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu, tetapi sebagian lainnya mungkin belum tahu tentang sejarah ikan lele dumbo tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, tidak apa-apa jika kemarin-kemarin Anda tidak tahu tentang asal-usul ikan lele dumbo ini. Karena dengan membaca artikel ini, berarti sebentar lagi Anda akan tahu dan paham tentang asal mula varietas ikan lele yang sudah terkenal di seluruh Indonesia ini.

Sejarah ikan lele dumbo

Ikan lele adalah sebutan yang umum untuk jenis ikan yang bentuk mulutnya menyerupai mulut kucing karena memiliki kumis disekitar mulutnya. Di jaman yang semakin maju, jenis ikan lele tersebut telah melahirkan berbagai varietas atau jenis ikan yang lebih baru. Pembaruan jenis tersebut dilakukan oleh ilmuwan yang tujuannya bukan lain adalah untuk memperbaiki keturunan ikan lele sehingga memiliki banyak keunggulan yang menguntungkan pembudidaya maupun konsumen. Singkat cerita, salah satu varietas baru ikan lele tersebut dinamai dengan nama “lele dumbo”.

Ikan lele dumbo dihasilkan dari sebuah perkawinan silang antara induk betina ikan lele dari Taiwan dengan pejantan ikan lele dari Afrika. Berkat perkawinan silang tersebut, hasilnya adalah luar biasa karena jenis baru ikan lele tersebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis ikan lele sebelumnya. Karena saya sedang berbicara tentang sejarah ikan lele dumbo, rasanya tidak etis jika saya juga harus membahas tentang apa saja keunggulan ikan lele dumbo tersebut. Mungkin di lain kesempatan saya akan membahasnya. Kembali ke perkawinan silang diatas, menurut Badan Srandarisasi Nasional, kedua jenis ikan lele yang disilangkan tersebut adalah jenis ikan lele yang spesiesnya adalah Clarias gariepinus dan spesies Clarias fuscus. Dan nomor SNI yang diberikan oleh BSN adalah sebagai berikut, SNI: 01-6484.1-2000.

Sejarah ikan lele dumbo akan lebih dimengerti jika Anda masih memiliki waktu untuk meneruskan membaca tulisan singkat saya yang tinggal satu paragraf lagi. Jadi, pada tahun 1985, adalah tahun bersejarah dimana pertama kali ikan lele dumbo mulai diperkenalkan di tanah air. Setelah masyarakat mulai mengenal ikan lele dumbo tersebut, kecerdasan dan ketekunan mendorong mereka untuk mengembangkan budidaya ikan lele dumbo. Dan hasilnya, salah satu wilayah di Indonesia, pulau Jawa menjadi tempat yang memiliki peternak ikan lele dumbo terbesar di Indonesia.

Itulah sejarah singkat tentang asal mula ikan lele dumbo yang ada di Indonesia. Apabila lebih banyak orang yang tahu dan paham tentang sejarah ikan lele dumbo di Indonesia ini, maka lebih banyak dari mereka yang bangga dengan kemajuan perikanan yang ada di Indonesia. Apalagi mereka yang masih muda yang memiliki masa depan yang cerah, tentu mereka bisa lebih mengerti dan lebih siap ketika nantinya harus melanjutkan estafet perikanan lele dumbo di Indonesia agar lebih maju dan maju lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *