Membuat Tabulampot Mangga Dengan Cara Sederhana

Membuat Tabulampot Mangga Dengan Cara Sederhana

Urbanina.com – Membuat tabulampot mangga dapat dikatakan sebagai salah satu cara bertanam yang paling mudah untuk dilakukan di Indonesia. Kemudahan yang ada bukan lain adalah karena iklim di Indonesia yang cocok untuk jenis tanaman buah yang satu ini. Tak hanya itu, membuat tabulampot mangga juga dapat dilakukan dengan mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Karena rutinitas harian yang memakan banyak waktu, sebaiknya Anda membuat tabulampot mangga dengan cara sederhana yang tentunya juga dilakukan dengan cara yang sederhana. Kalau membuat tabulampot mangga dengan cara sederhana dapat dilakukan, kenapa harus membuatnya dengan cara yang sulit?

Membuat tabulampot mangga dengan cara sederhana

Membuat tabulampot mangga dengan cara sederhana adalah solusi untuk menyalurkan hobi bertanam yang dapat dilakukan di waktu luang dan di rumah sendiri. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah langkah demi langkah yang dapat dilakukan untuk membuat tabulampot mangga dengan cara sederhana.

  1. Siapkan alat dan bahan

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan sehingga perlu dipersiapkan diantaranya : pot, tanah liat, pupuk organik (bisa pupuk kandang), dan bibit tanaman buah mangga. Jika ada atau tersedia, siapkan juga serbuk gergaji secukupnya.

Untuk menyiapkan bibit tanaman buah mangga, saya sarankan untuk membelinya di toko penjual bibit terdekat dengan harga terjangkau. Dengan menanyakan ke penjual, pastikan bahwa bibit tanaman buah mangga tersebut adalah hasil pencangkokan atau okulasi.

  1. Campurkan tanah liat dengan pupuk organik

Dengan perbandingan 1:1, campurkan tanah liat dan pupuk organik hingga merata. Campuran dari kedua bahan tersebut dinamai dengan nama media tanam. Setelah media tanam selesai disiapkan, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah yang selanjutnya.

  1. Memanfaatkan serbuk gergaji

Serbuk gergaji dapat dimanfaatkan untuk diletakkan didalam pot bagian paling bawah, dengan jumlah secukupnya yang tidak perlu terlalu banyak. Serbuk gergaji tersebut berfungsi untuk memperlancar drainase air didalam pot agar tidak merendam akar tanaman.

  1. Memulai memasukan bibit tanaman

Memasukan bibit tanaman adalah langkah terakhir untuk membuat tabulampot mangga ini. Sebelum melakukannya, masukkan terlebih dahulu media tanam kedalam pot yang sudah berisi sedikit serbuk gergaji.Dengan begitu, pot yang berisi serbuk gergaji dan media tanam diatasnya sudah siap untuk ditanami bibit tanaman buah mangga.

Lubangi terlebih dahulu media tanam, baru kemudian masukan bibit tanaman buah mangga ke lubang tersebut. Jangan lupa untuk menutup kembali lubang yang sudah berisi bibit tanaman buah mangga, dan proses pembuatan tabulampot mangga selesai.

Itulah cara sederhana yang dapat Anda praktekan untuk membuat tabulampot mangga. Apabila tabulampot mangga telah selesai dibuat, maka tabulampot tersebut dapat diletakkan di halaman rumah yang sekaligus dapat menjadi tanaman hijau penghias rumah.

Membuat tabulampot mangga memang dapat dilakukan dengan mudah, tetapi yang tidak kalah penting adalah proses perawatannya. Jangan biarkan tabulampot mangga milik Anda menjadi terlantar dan mati hanya karena Anda kurang merawatnya dengan baik. Anda tidak perlu khawatir tentang cara perawatan tabulampot mangga ini, karena cara perawatannya terbilang mudah dilakukan dengan didukung iklim yang ada di daratan Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *