Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo Yang Wajib Anda Tahu

Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo Yang Wajib Anda Tahu

Urbanina.com – Lele dumbo merupakan salah satu jenis lele yang sudah mulai dibudidayakan di Indonesia. Pembudidayaan lele dumbo tersebut memang dirasa perlu karena jenis lele dumbo adalah salah satu jenis ikan lele unggulan yang banyak disukai oleh pecinta masakan ikan lele di Indonesia. Saat ini, mereka sudah tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan masakan kesukaan mereka tersebut. Karena, sudah banyak restoran maupun warung makan pinggir jalan yang menyediakan menu ikan lele dengan harga yang terjangkau. Itulah salah satu manfaat tidak langsung yang didapatkan dari budidaya ikan lele dumbo, yaitu untuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi untuk sesama. Namun, apakah semua masakan ikan lele yang dijual tersebut adalah ikan lele dumbo? Mereka dapat mengetahuinya dengan memahami beberapa ciri-ciri ikan lele dumbo sebagai berikut.

ciri-ciri ikan lele dumbo

Sebenarnya tidaklah semua masakan ikan lele yang dijual tersebut adalah jenis ikan lele dumbo yang memiliki banyak keunggulan ini. Salah satu ciri-ciri ikan lele dumbo adalah bahwa ikan lele tersebut memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Tahukah Anda, karena berbagai keunggulan tersebut, pihak pembudidaya maupun mereka yang mengolah ikan tersebut untuk dijual di restoran maupun warung makan, mereka sama-sama diuntungkan dalam hal memperlancar usaha mereka masing-masing. Dengan kata lain, pembudidaya ikan lele dumbo akan lebih mudah dalam memberi pasokan terhadap para penjual masakan ikan, sehingga penjual masakan ikan lele juga tidak akan kehabisan stok ikan lele dumbo untuk diolah kemudian dijual ke pelanggan meraka. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri ikan lele dumbo yang wajib Anda tahu.

  1. Tubuh memanjang bulat

Ciri-ciri ikan lele dumbo yang pertama jelas, memiliki bentuk memanjang dan bulat. Jika Anda bandingkan ikan lele dumbo dengan lele biasa yang umurnya sama, maka tubuh ikan lele dumbo tidak hanya memanjang dan bulat. Tetapi ukuran tubuhnya juga akan lebih besar dari tubuh ikan lele biasa. Kalau harus memilih, saya lebih suka mampir ke warung makan yang menyediakan menu olahan ikan lele dumbo, karena daging yang didapatkan akan lebih besar dan tebal.

  1. Memiliki patil yang tidak beracun

Pembudidaya ikan lele dumbo sangat menyukai ikan lele dumbo yang tidak memiliki patil yang beracun. Dia tidak perlu takut terkena patil ikan lele dumbo, toh kalau tidak sengaja terkena sengatan ikan lele dumbo tersebut, rasa sakitnya akan lebih cepat sembuh karena tidak mengandung racun.

  1. Tidak memiliki sisik

Ikan lelel dumbo tidak memiliki sisik seperti sisik yang dimiliki oleh berbagai jenis ikan seperti ikan nila, gurame dan sejenisnya.

  1. Warna kulit terdapat bercak

Warna tubuh ikan lele dumbo juga memiliki ciri khas yaitu terdapat beberapa bercak-bercak yang berwarna keputihan hingga abu-abu.

  1. Memiliki empat pasang sungut

Sungut adalah salah satu ciri khas dari ikan lele, termasuk ikan lele dumbo. Ikan lele dumbo memiliki empat pasang sungut yang penting untuk mengidentifikasi kesehatan ikan. Seorang pembudidaya ikan lele dumbo harus memperhatikan kondisi sungut tersebut terutama ketika hendak membeli bibit ikan yang akan dibesarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *