Budidaya Lele Dumbo Dengan Pakan Organik

Budidaya Lele Dumbo Dengan Pakan Organik

Urbanina.com – Pecel lele merupakan salah satu jenis makanan dari olahan ikan lele yang sangat populer. Pecel lele mengkombinasikan antara rasa daging ikan lele yang gurih dan bumbu rempah yang rasanya lezat. Makanya makanan ini selalu dicari oleh para pecinta kuliner Nusantara. Hidangan pecel lele tentunya akan terasa lebih spesial bila memakai bahan utama dari lele dumbo yang termasyur dengan kelezatannya. Saat ini di tengah-tengah masyarakat telah dikembangkan teknik budidaya lele dumbo dengan pakan organik yang dinilai lebih gurih dan lebih menyehatkan.

Lele dumbo mempunyai kelebihan tersendiri ketimbang jenis ikan lele yang lainnya sebab mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan bisa tumbuh secara cepat. Hal inilah yang menyebabkan pembudidaya lele lebih tertarik untuk menggalakkan usaha budidaya lele dumbo dengan pakan organik yang dinilai bisa lebih menguntungkan. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya teknik budidayanya yang cukup mudah diaplikasikan dan hasil panennya optimal karena ikan lelenya memiliki ukuran jumbo atau besar.

Budidaya Lele Dumbo dengan Pakan Organik [ ]

Budidaya lele dumbo bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang terbilang mudah. Untuk memulainya harus mempersiapkan terlebih dulu kolam ikan. Setelah kolam ikan tersedia dengan ukuran yang telah disesuaikan kebutuhan sebaiknya kolam dikeringkan terlebih dulu selama 3-7 hari guna menyingkirkan mikroorganisme berbahaya yang barangkali ada di dalam kolam. Selanjutnya diadakan pengapuran untuk menstabilkan pH kolam. Langkah berikutnya ialah mengisi air kolam secara bertahap. Pada tahap awal kolam diisi air dengan volume sedikit dulu kemudian ditambah air lagi sampai ketinggian yang dikehendaki.

Sesudah kolam ikan siap lalu dilanjutkan dengan menebar benih ikan lele. Benih yang dipilih tentunya mesti mempunyai tubuh yang sehat dan mulus. Ikan lele yang sehat ditandai dengan tubuhnya yang bersih dan lincah gerakan tubuhnya. Usahakan benih ikan lele yang dipilih mempunyai ukuran tubuh yang seragam. Panjang ikan lele itu biasanya mempunyai ukuran kira-kira 5-7 cm. Lele akan tumbuh dan membesar menjadi ikan yang memiliki ukuran siap panen sesudah 3 bulan sejak masa penebaran benih.

Hal utama yang mesti diperhatikan saat melakukan budidaya lele dumbo dengan pakan organik ialah pemberian pakannya harus bisa menunjang pertumbuhan benih melalui penggunaan pakan alami berupa phytoplankton dan zooplankton. Pemberian makanan sebaiknya dilakukan dengan sistem flok yang mempergunakan bakteri probiotik untuk bisa mengubah limbah yang ada di dalam air kolam jadi bongkahan pakan alami untuk ikan lele. Wajar bila metode ini banyak dipergunakan oleh kalangan pengusaha budidaya ikan lele yang mengharapkan kepraktisan dalam memeliharanya.

Demikianlah kiat usaha budidaya lele dumbo dengan pakan organik yang bisa dilakukan untuk  memperoleh hasil panen yang maksimal. Disamping melakukan persiapan yang matang, maka pengelolaan benih ikan mesti dijalankan secara baik dengan memelihara  kebersihan air kolamnya. Ikan lele bisa hidup pada keadaan air yang keruh. Meski demikian, kondisi air kolam yang terlampau keruh bisa mengganggu pertumbuhan benih ikan. Hal itu tentunya bisa mengurangi kualitas ikan lele yang dihasilkan. Maka dari  itu, kebersihan dan keadaan air yang terlepas dari mikroorganisme pembawa penyakit mesti selalu dijaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *