Budidaya Ikan Lele Dumbo Menggunakan Kolam Terpal

Urbanina.com – Budidaya ikan lele dumbo sudah ada di Indonesia sejak lama dan sudah turun-temurun hingga saat ini. Seiring dengan berjalannya waktu, para pembudidaya ikan lele dumbo terus membuat inovasi dalam usahanya membudidayakan ikan lele dumbo. Salah satu inovasi yang mereka temukan adalah budidaya ikan lele dumbo menggunakan kolam terpal. Inovasi yang satu ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan cara budidaya yang lain. Salah satu kelebihan budidaya ikan lele dumbo menggunakan kolam terpal ini adalah biaya awal budidaya yang dapat dipangkas. Dengan kata lain, budidaya ikan lele dumbo menggunakan kolam terpal adalah salah satu cara budidaya yang dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah. Proses budidayanya juga tidak terlalu rumit, berikut penjelasannya.

Budidaya Ikan Lele Dumbo Menggunakan Kolam Terpal

Membuat Kolam Terpal

Seorang pembudidaya ikan lele dumbo harus mempersiapkan kolam terpal terlebih dahulu jika ingin benar-benar menekuni bidang ini. Jangan khawatir, kolam terpal dapat dibuat dengan alat dan bahan yang sederhana dan tidak banyak mengeluarkan uang. Sebagai acuan, ukuran kolam untuk 100 ekor adalah 2 x 1 x 0,6 meter.

Kolam terpal dapata dibuat dengan melubangi tanah sesuai ukuran, kemudian meletakkan terpal yang disusun di lubang tersebut. Jika mencangkul menjadi kendala, Anda dapat juga membuatkolam terpal dengan cara merangkai bambu yang kuat sesuai ukuran sehingga terbentuk seperti pagar. Barulah kemudian terpal dipasang dan dirapikan dengan pagar yang telah tersusun sebagai dinding penyangga.

Menebar Benih

Setelah kolam terpal selesai dan terisi air dengan ukuran pH yang sesuai, benih dapat ditebarkan di kolam terpal tersebut. Penebaran benih lebih baik dilakukan di pagi atau sore hari, yaitu ketika air memiliki suhu yang tidak panas sehingga tidak membuat ikan menjadi stres.

Pemberian Pakan

Anda cukup memberikan pakan pellet yang banyak dijual di toko pertanian, dengan dosis dua kali sehari. Jika Anda merasa ikan lele dumbo yang didalam kolam terpal sering menyisakan pakan pellet tersebut, cobalah untuk memberikan pellet tersebut tiga kali sehari dengan jumlah pakan yang lebih sedikit pada setiap pemberian.

Mereka yang sudah berpengalaman membudidayakan ikan lele dumbo di kolam terpal, sebagian ada yang menambahkan pakan alami seperti bekicot,  keong, rayap dan lain-lain untuk diberikan kepada di ikan lele dumbo. Pemberian pakan alami ini terbukti dapat lebih memangkas anggaran belanja untuk pakan karena dengan memberi pakan pellet yang ditambah dengan pakan alami, ikan akan memiliki lebih banyak asupan gizi tanpa pembudidaya harus menambahkan anggaran belanja pakan.

Panen

Ikan lele dumbo yang dibudidayakan di kolam terpal memiliki pertumbuhan yang kurang lebih sama dengan ikan lele dumbo yang dipelihara di kolam tanah maupun kolam tembok, sehingga dapat dipanen di usia yang sama. Seorang pembudidaya juga tetap memiliki kebebasan apakah akan memanen ikan lele dumbo dengan cara panen sekaligus atau panen sebagian. Secara bisnis, cara budidaya ikan lele dumbo menggunakan kolam terpal akan lebih menguntungkan karena uang hasil panen ikan lele dumbo tidak banyak berkurang untuk menutupi modal awal yang memang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *