Budidaya Ikan Lele Dumbo Di Kolam Tanah

Urbanina.com – Jika Anda ingin melakukan budidaya ikan lele dumbo di kolam tanah, berarti Anda telah memutuskan untuk memilih cara budidaya yang tepat. Karena, Anda hidup di tanah Indonesia yang mana adalah salah satu tanah yang bersejarah karena telah banyak menghasilkan panen ikan lele dumbo yang selalu siap untuk memenuhi kebutuhan ikan lele untuk pasar Indonesia. Jika Anda ingin melakukan budidaya ikan lele dumbo di kolam tanah, sebaiknya Anda melanjutkan membaca artikel singkat yang saya tulis ini. Karena disini akan saya jelaskan mengenai prosedur yang benar untuk melakukan budidaya ikan lele dumbo di kolam tanah. Saya mulai dari langkah yang pertama, yaitu menyiapkan kolam tanah.

Budidaya ikan lele dumbo di kolam tanah

Menyiapkan kolam tanah

Untuk dapat menyiapkan kolam tanah dengan benar, Terdapat tiga tahapan yang dapat Anda lakukan. Saya mulai dengan tahapan yang pertama, yaitu pengeringan dan pengolahan tanah. Sebelum menjadi kolam, tentu tanah harus dilubangi sesuai dengan ukuran kolam yang diinginkan. Barulah setelah itu dilakukan pengeringan dan pengolahan tanah. Pengeringan dilakukan selama sekitar sepekan sampai benar-benar kering, dengan cara membiarkannya terkena panas matahari selama sepekan tersebut. Kalau sudah kering, tanah kemudian diolah dengan cara digemburkan kembali.

Tahapan yang kedua, yaitu pengapuran dan pemupukan. Dengan dosis 250-750 gram per meter persegi, Anda dapat menebarkan dolomit ke kolam. Dan dengan dosis 250-500 gram per meter persegi, Anda dapat menebarkan pupuk organik ditambah sedikit urea dan TSP ke kolam.

Tahapan yang terakhir, yaitu pengaturan air kolam. Selama satu pekan, isi kolam dengan ketinggian 30-40 cm. Dan setelah itu, baru kolam diatur pengisian airnya disesuaikan dengan besar ikan lele dumbo yang dipelihara

Menebar Benih

Benih disebar ketika kolam tanah telah siap dengan air yang telah didiamkan selama sepekan tersebut. Anda dapat menebar benih dengan kepadatan 200-400 ekor per meter persegi. Jangan lupa juga untuk tetap melakukan pengaturan air kolam, semakin besar benik tersebut tumbuh, maka ketinggian air juga semakin ditingkatkan.

Memberi Pakan

Ikan lele dumbo dapat diberi pakan berupa pellet yang dapat Anda beli di toko penjual pellet terdekat. Ikan lele dumbo membutuhkan pakan yang beratnya adalah 5 % dari bobot tubuhnya. Dan kalau sudah panen, ikan lele dumbo membutuhkan pakan yang beratnya adalah 3 % dari bobot tubuhnya. Anda dapat dengan mudah menghitung kebutuhan pakan ikan lele dumbo yang Anda budidaya di kolam tanah dengan cara melakukakan sampling pada 10 atau lebih ekor ikan. Anda juga perlu waspada disaat membeli pakan di toko terdekat, karena Anda harus menghindari pakan yang kadaluarsa.

Panen

Dengan cara budidaya ikan lele dumbo di kolam tanah ini, Anda dapat memanen ikan lele dumbo tersebut ketika ikan sudah berusia 2,5-3,5 bulan. Tips dari saya, usahakan untuk tidak memberi pakan pada 24 jam sebelum pemanenan ikan lele dumbo, agar ikan tersebut tidak buang kotoran saat dikirim ke konsumen yang jaraknya jauh dari tempat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *