Budidaya Ikan Lele Dumbo Di Kolam Semen

Budidaya Ikan Lele Dumbo Di Kolam Semen

Urbanina.com – Budidaya ikan lele dumbo di kolam semen sangat mungkin dilakukan di era sekarang ini. Karena semua orang memimpikan memiliki usaha yang searah dengan perkembangan zaman. Di zaman yang persaingan semakin ketat ini, budidaya ikan lele dumbo di kolam semen bukanlah sesuatu kemunduran melainkan adalah suatu kemajuan. Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari budidaya ikan lele dumbo di kolam semen adalah tingkat efisiensi dan kecepatan. Menggunakan satu kolam semen yang dapat digunakan hingga beberap tahun kedepan adalah hal yang sangat mendukung tingkat efisiensi usah budidaya, bukan? Tanpa basa-basi, berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk ketika Anda melakukan budidaya ikan lele dumbo di kolam semen.

budidaya ikan lele dumbo di kolam semen

Mempersiapkan Kolam

Anda tentu sudah tahu dengan langkah yang pertama ini, yaitu mempersiapkan kolam. Seperti tahapan budidaya ikan lele dumbo di kolam terpal maupun kolam tanah, kolam menjadi langkah pertama yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Untuk membuat kolam semen yang baik, saya sarankan agar membuat kolam tersebut yang telah disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Dengan lahan yang tersedia tersebut, tentukan dimana letak pembuangan yang memungkinkan untuk dibuat karena pintu tersebut akan menjadi jalur keluarnya kotoran yang dihasilkan dari proses budidaya ikan lele dumbo tersebut.

Kemudian, buatlah dasar kolam semen memiliki kemiringan berukuran 5 derajat, area yang lebih rendah mengarah ke pintu pembuangan tentunya. Dengan begitu, maka kolam semen akan dapat berfungsi dengan baik ketika digunakan untuk membudidaya ikan lele dumbo nantinya.

Menebar Benih

Apabila kolam semen telah terisi air yang tidak beraroma semen, maka benih sudah bisa ditebarkan ke kolam semen tersebut kemudian mulai dibesarkan. Bibit yang masih berukuran kecil tidak banyak membutuhkan air yang banyak, sehingga Anda perlu mengatur ketinggian air kolam agar sekedar cukup untuk ikan yang berukuran kecil. Karena, jika ketinggian air terlalu tinggi, dikhawatirkan nantinya ikan yang masih kecil tersebut akan kesulitan mendapatkan makanan yang jauh di permukaan air kolam.

Memberi Pakan

Pakan utama untuk ikan lele dumbo adalah berupa pellet yang didalamnya banyak mengandung protein. Selain menggunakan pakan utama, Anda juga diperbolehkan untuk menambahkan pakan tambahan yang dapat berupa keong, bekicot, rayap, dan lain-lain. Pakan tambahan yang berupa hewan berukuran kecil tersebut bahkan dapat menjadi salah satu pakan alami yang juga baik untuk mendukung pertumbuhan ikan.

Panen

Membudidaya ikan lele memang mudah dan tidak membutuhkan banyak cara khusus agar dapat berhasil. Setelah pemberian pakan yang teratur dan baik, maka ikan lele dumbo akan dapat tumbuh dan akan memiliki bobot yang diinginkan oleh pasar. Biasanya pemanenan dapat dilakukan ketika ikan lele telah berusia 2,5-3,5 bulan. Karena menggunakan kolam semen, pemanenan dapat berlangsung lebih cepat karena didukung oleh kolam yang tertata dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *