6 Tips Penting Untuk Membuat Ikan Lele Dumbo Tumbuh Cepat

6 Tips Penting Untuk Membuat Ikan Lele Dumbo Tumbuh Cepat

Urbanina.com – Budidaya ikan lele dumbo seharusnya berjalan dengan cepat dan berjalan secara terus-menerus. Seorang pembudidaya ikan lele dumbo tentu telah menyadari hal ini. Dia tidak akan membiarkan sedikitpun halangan yang dapat menghalangi pertumbuhan ikan lele dumbo yang ia budidaya. Lele dumbo yang ia budidaya harus tumbuh dengan cepat sehingga usaha perikanannya juga akan tumbuh dengan cepat. Lalu, apa saja tips yang ia butuhkan untuk membuat ikan lele dumbo yang ia budidaya tumbuh lebih cepat? Berikut ini saya tulis tentang 6 tips penting untuk membuat ikan lele dumbo tumbuh cepat. Saya langsung mulai dari yang pertama, sebagai berikut.

tips penting untuk membuat ikan lele dumbo tumbuh cepat

  1. Memilih benih dengan tepat

Saya awali dengan tips yang pertama, yaitu memilih benih dengan tepat. Ketepatan Anda dalam memilih benih sangat berpengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan ikan lele dumbo ketika dipelihara. Mereka yang memilih bibit yang tepat, dengan memperhatikan kesehatan fisik, lengkapan organ bibit, dan lain-lain, akan memiliki ikan lele dumbo dengan pertumbuhan yang lebih cepat dari pada mereka yang tidak teliti dalam memilih bibit.

  1. Memilih pakan dengan tepat

Setelah memilih bibit yang tepat, yang kedua adalah memilih pakan yang tepat. Memilih pakan yang tepat ada di urutan kedua dalam daftar 6 tips penting untuk membuat ikan lele dumbo tumbuh cepat. Pilihlah pellet yang mengandung banyak protein, maka ikan lele dumbo akan tumbuh lebih cepat.

  1. Memilih waktu pemberian pakan yang tepat

Tips penting untuk membuat ikan lele dumbo tumbuh cepat yang ketiga adalah memilih waktu pemberian pakan yang tepat. Anda dapat memberikan pakan yang lebih banyak ketika di sore hari dari pada di pagi dan siang hari. Karena biasanya ikan lele akan memakan banyak makanan ketika sore atau malam hari.

  1. Memilih kolam yang tepat

Pilihlah kolam yang tepat dan benar-benar cocok dengan selera Anda. Jika Anda suka membersihkan kolam dengan tidak perlu bertele-tele, Anda dapat memilih kolam terpal yang lebih mudah dibersihkan. Namun, jika Anda tidak masalah dengan pembersihan kolam, Anda dapat dengan bebas memilih jenis kolam, apakah itu kolam beton maupun kolam tanah.

  1. Pengaturan air yang tepat

Pengaturan air diperlukan agar adaptasi ikan lele dumbo yang Anda besarkan menjadi lebi h mudah. Pastikan bahwa Anda terus memantau pertumbuhan ikan lele dumbo yang Anda budidaya, semakin besar ikan tumbuh, semakin besar pula ketinggian air yang perlu Anda atur.

  1. Menjaga kesehatan ikan

Tips yang terakhir adalah menjaga kesehatan ikan. Anda diperbolehkan menggunakan probiotik dalam upaya membesarkan ikan lele dumbo. Karena ketika Anda menjaga kesehatan ikan lele dumbo, maka ikan yang sehat akan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari pada ikan yang sakit.

Itulah keenam tips penting untuk membuat ikan lele dumbo tumbuh cepat, yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *