4 Perbedaan Lele Dumbo Dengan Lele Sangkuriang

Urbanina.com – Ikan lele dumbo sudah terkenal sejak lama, namun kemudian muncul iken lele jenis baru yang diberi nama lele sangkuriang. Namun, ada kaitan antara kedua varietas ikan lele tersebut. Orang-orang menyebutkan bahwa jenis ikan lele sangkuriang adalah varietas baru yang tidak lain adalah dihasilkan dari varietas lele dumbo sebagai induk persilangannya. Apapun itu, yang akan saya bahas kali ini adalah tentang 4 perbedaan lele dumbo dengan lele sangkuriang yang perlu anda tahu. Bila kita mengetahui perbedaan lele dumbo dengan lele sangkuriang, siapa tahu kita juga akan mengetahui kaitan apa yang ada diantara kedua jenis lele yang sama-sama unggulan tersebut. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah 4 perbedaan lele dumbo dengan lele sangkuriang yang perlu anda tahu.

perbedaan lele dumbo dengan lele sangkuriang

Dilihat Dari Asal-Usulnya

Jenis ikan lele dumbo adalah varietas lele yang diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1985 dari Taiwan. Sedangkan jenis ikan lele sangkuriang adalah varietas baru yang dihasilkan dari perkawinan silang induk ikan lele dumbo. Lele sangkuriang ini dibuat oleh Departemen Kelautan dan Perikanan pada tahun 2004. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa jenis ikan lele sumbo ini bagaikan sebagai nenek moyang ikan lele sangkuriang.

Dilihat Dari Ukuran Tubuhnya

Ketika dibandingkan oleh pihak yang melakukan penelitian, rupanya ikan lele sangkuriang memiliki tubuh yang lebih panjang dibandingkan jenis ikan lele dumbo. Hal tersebut menjadi kabar gembira bagi peneliti karena mereka telah berhasil mengembangkan lele dumbo salah satunya dengan munculnya varietas lele sangkuriang tersebut.

Dilihat Dari Pertumbuhannya

Lagi-lagi kabara baik bagi para peneliti. Karena  selain berhasil menciptakan varieatas lele dengan panjang tubuh yang lebih panjang, rupanya pertumbuhan ikan lele sangkuriang juga lebih pesat jika dibandingkan dengan ikan lele dumbo. Tak hanya itu, lele sangkuriang ini juga memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga tahan terhadap penyakit. Jadi, ketika ikan lele dumbo dapat dibudidayakan di air keruh, lele sangkuriang ini dapat dibudidaya di air yang lebih keruh lagi.

Dilihat Dari Daging Yang Dihasilkan

Jika dilihat dari daging yang dihasilkan, daging ikan sangkuriang memiliki tekstur yang lebih lembek jika dibandingkan dengan daging ikan lele dumbo.

Itulah keempat perbedaan lele dumbo dengan lele sangkuriang yang dapat saya tulis pada artikel ini. Meskipun kualitas ikan lele dumbo adalah dibawah ikan lele sangkuriang, tetapi saat ini lele dumbo masih menjadi jenis lele yang banyak disukai pembudidaya. Mungkin karena sudah saking lamanya dibudidayakan di Indonesia, jenis ikan lele dumbo ini masih disukai banyak pembudidaya. Dan karena masih varietas baru, lele sangkuriang ini masih kalah tenar dibandingkan dengan kredibilitas lele dumbo, sang nenek moyangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *