Cara Memilih Lokasi Budidaya Ikan Kakap Putih

Urbanina.com - Tidak benar jika semua lokasi perairan adalah ideal untuk budidaya ikan kakap putih. Mungkin ikan kakap putih akan tetap dapat hidup dengan air yang ada di perairan yang kurang ideal. Namun, ikan tersebut tidak akan bisa hidup dengan pertumbuhan yang maksimal, mengapa? Karena tempat tersebut kurang ideal untuk pertumbuhan ikan kakap putih. Sebenarnya tidak hanya ikan kakap putih saja, berbagai ikan tawar lainnya pun akan memiliki pertumbuhan yang kurang baik jika ditempatkan di perairan yang kurang ideal. Bahkan jika ikan dipaksa hidup di perairan yang sangat tidak ideal, ikan tersebut bisa saja mati setelah beberapa jam. Contoh, ikan nila yang cocok di perairan dengan iklim selain dingin akan mati jika ditempatkan pada perairan dengan iklim dingin. Begitu pula pada ikan kakap putih yang akan dipelihara, pembudidaya harus bisa mencari dan mendapatkan lokasi budidaya ikan kakap putih yang ideal. lokasi budidaya ikan kakap putih Pemilihan lokasi budidaya ikan kakap putih adalah langkah awal dalam upaya pembudidayaan ikan kakap putih ini. Karena langkah ini dikerjakan diawal proses budidaya, langkah ini akan dapat mempengaruhi langkah budidaya selanjutnya, termasuk keberhasilan budidaya. Sehingga, perhatian penuh harus ditujukanuntuk upaya pemilihan lokasi budidaya ikan kakap putih ini. Seperti yang diesbutkan diatas, bahwa lokasi budidaya ikan kakap putih yang bai adalah lokasi yang ideal. Untuk itu, berikut Urbanina jelaskan tentang lokasi yang ideal untuk budidaya tersebut. Jika mencari lokasi budidaya yang ideal secara umu, dapat diketahui melalui pengelompokan lokasi sebagai berikut. Secara umum, lokasi ideal untuk budidaya ikan kakap putih ini dibagi menjadi tiga tempat. Ketiga tempat tersebut adalah daerah perairan teluk, lagoon dan selat. Lagoon adalah bahasa inggris dari laguna, yaitu sekumpulan air asin yang terpisah dari laut dengan penghalang berupa pasir, batu karang, atau semacamnya. Sedangkan selat adalah perairan pantai yang terletak diantara dua pulau. Dengan adanya ketiga lokasi secara umum ini, tentu akan lebih mempermudah upaya pemilihan lokasi yang akan digunakan untuk pemeliharaan ikan kakap putih. Namun, diperlukan lokasi yang benar-benar ideal jika ingin lokasi budidaya ini nantinya membuat ikan kakap putih tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan hasil panen yang baik pula. Adapun lokasi yang ideal ini dapat diupayakan dengan memenuhi beberapa syarat secara teknis lokasi ideal untuk budidaya, sebagai berikut.
  1. Perairan pantai atau laut yang dipilih harus terlindungi dari gangguan angin kencang maupun gelombang. Hal ini karena angin yang kencang dan gelombang yang besar bisa saja mengganggu proses budidaya.
  2. Airnya berkedalaman antara 5-7 meter. Ukuran kedalaman air tersebut dinilai menjadi kedalaman yang ideal untuk mendukung pertumbuhan ikan kakap putih yang dipelihara.
  3. Air dengan arus 20-40 cm per detik. Air yang baik untuk pertumbuhan ikan kakap putih adalah air yang bergerak atau mengalir, dengan arus aliran yang ideal tersebut.
  4. Air yang memiliki kandungan sebagai berikut, kadar garam 27-32 ppt, suhu 28-30 derajat C, oksigen terlarut 7-8 ppm. Air memiliki kandungan yang dapat mendukung daya pertumbuhan ikan kakap putih tersebut.
  5. Air yang tidak tercemar. Air yang baik untuk pertumbuhan ikan kakap putih ini adalah air yang bersih, terutama tidak tercemar oleh zat beracun yang bisa mengancam kehidupan ikan yang dipelihara.
Demikian cara memilih lokasi lokasi budidaya ikan kakap putih yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *