Cara Memilih Induk Ikan Mujair Untuk Pembibitan

Cara Memilih Induk Ikan Mujair Untuk Pembibitan

Urbanina.com – Memilih induk ikan mujair yang berkualitas akan menghasilkan benih yang berkualitas pula. Hal ini menjadi salah satu pedoman dalam upaya menghasilkan bibit ikan mujair yang berkualitas. Setiap langkah dalam budidaya ikan mujair dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sehingga akan menghasilkan hasil ikan budidaya yang layak untuk dijual di pasar. Dalam upaya memilih induk ikan mujair ini sendiri terdapat beberapa prosedur yang tidak sulit untuk dilakukan.

memilih induk ikan mujair

Induk ikan mujair yang baik untuk pembibitan adalah induk ikan mujair unggul. Pembudidaya perlu memilih induk ikan mujair unggul dengan mengenali ciri-ciri induk ikan mujair unggul tersebut. Maka dari itu, Urbanina akan membahas terlebih dahulu apa ciri-ciri dari ikan mujahir unggul ini.

Ikan mujair unggul akan dapat dikenali dengan ciri yang pertama adalah ikan mujahir unggul dapat bertumbuh dengan cepat. Yang kedua, ikan mujair unggul memiliki kemampuan memproduksi benih dengan jumlah yang banyak serta kualitas yang tinggi. Kemudian, ciri-ciri yang ketiga adalah bahwa ikan mujair unggul akan sangat responsif terhadap makanan buatan yang diberikan. Selain itu, ikan mujair unggulan ini memiliki sifat resisten atau tahan terhadap serangan hama, penyakit dan parasit. Ciri-ciri yang berikutnya adalah bahwa ikan mujair unggulan dapat tumbuh dengan baik meskipun lingkungannya relatif buruk. Dan berat dari seekor induk mujair unggul yang ideal untuk dipijahkan adalah 100 gram lebih per ekor.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri untuk mengetahui apakah induk ikan mujair yang akan dipijahkan memiliki kualitas yang mumpuni ataukah tidak. Apabila induk ikan mujair yang hendak digunakan untuk pemijahan sudah didapatkan, maka proses pemijahanpun siap untuk dilakukan. Pemilihan induk ini tentu harus sangat diperhatikan karena bila keliru memilih induk ikan mujair yang tidak baik, akan berdampak buruk terhadap kelangsungan budidaya selanjutnya.

Dalam proses pemijahan atau pembibitan ini, diperlukan induk ikan mujair jantan dan betina. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membedakan antara induk ikan mujahir jantan dan betina. Yaitu, dengan mengenali ciri-ciri masing-masing induk jantan dan induk betina dengan cermat. Adapun ciri-ciri dari induk betina adalah sebagai berikut. Pertama, induk betina memiliki 3 buah lubang pada urogenetial. Ketiga lubang tersebut adalah dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urin. Yang kedua, memiliki warna kemerah-merahan pucat tidak jelas pada bagian ujung siripnya. Selain itu, induk ikan mujair betina memiliki warna putih pada bagian dagunya. Sedangkan perutnya berwarna leboh putih dibandingkan induk ikan mujair jantan. Dan ciri-ciri yang terakhir adalah bila perutnya distriping atau dibelangi, tidak akan mengeluarkan cairan.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari induk betina, maka ciri-ciri dari induk ikan mujair jantan kurang lebi dalaah kebalikan dari ciri-ciri induk betina. Pertama, pada alat urogenetial terdapat dua lubang, yaitu anus dan lubang urin yang merangkap dengan lubang sperma. Kedua, induk jantan ikan mujair ini memiliki ujung sirip yang berwarna kemerah-merahan yang terang dan jelas. Sedangkan perutnya berwarna lebih gelap daripada perut induk betina. Atau, warna perut induk jantan ini adalah kehitam-hitaman. Kemudian, dagu induk jantan adalah berwarna kehitam-hitaman dan kemerah-merahan. Dan yang terakhir, jika perut induk jantan ini distriping atau dibelangi akan mengeluarkan cairan.

Demikian tadi adalah beberapa hal tentang bagaimana memilih induk ikan mujair unggul agar dapat digunakan untuk budidaya yang menguntungkan. Dan induk ikan mujair yang berkualitas bisa didapat dengan memilih dengan cermat induk ikan mujair unggul sesuai dengan ciri-ciri diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *