Beragam Jenis Lobster Yang Dapat Dibudidaya

Urbanina.com – Saat ini, budidaya lobster menjadi salah satu pilihan usaha budidaya yang menjanjikan. Permintaan pasar yang meningkat menjadi salah satu alasan mengapa lobster ini menjanjikan. Selain itu, Indonesia adalah salah satu negara yang mulai menjadikan lobster sebagai menu baru yang dijual di restoran atau warung makan di beberapa daerah. Meskipun harga menu olahan lobster ini memiliki harga yang relatif tinggi, namun tidak mengurangi minat masyarakat untukmembelinya. Jenis lobster yang diolah tersebut rupanya tidak hanya satu macam jenis lobster saja. Di dunia perikanan air tawar,  terdapat beragam jenis lobster yang dapat dibudidaya. Berikut ini adalah beragam jenis lobster yang dapat dibudidaya tersebut.

jenis lobster yang dapat dibudidaya

  1. Cherax quadricarinatus

Cherax quadricarinatus adalah salah satu jenis lobster yng dapat dipelihara. Lobster jenis ini juga bisa disebut dengan nama red claw. Diberi nama red claw karena memiliki ujung capit(bahasa inggris : claw) yang berwarna merah(bahasa inggris : red). Dalam penggolongan lobster, red claw termasuk dalam anggota crustacean dan termasuk dalam keluarga parastacidae. Lobster jenis ini sangat cocok hidup di lingkungan air dengan suhu 20-24 derajat C, pH 7-8, dan kesadahan air 10-20 derajat dH.

Warna tubuh cherax quadricarinatus sangat berbeda dari jenis lobster yang dapat dibudidaya lainnny, yaitu tubuhnya berwarna biru laut yang berkilau. Meskipun memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan jenis lobster yang dapat dibudidaya lainnya, namun panjang tubuh red claw dewasa dapat mencapai hingga 50 cm. Dengan panjang tersebut, Cherax quadricarinatus dapat memiliki bobot seberat 800-1000 gram. Induk redclaw dapat dikawinkan dan mulai bertelur ketika berumur 6-7 bulan. Adapun jumlah telur yang dihasilkan adalah sekitar 100-200 butir. Jika dipelihara dengan baik, Induk tersebut dapat bertelur hingga 5 kali dalam setahun. Selain memiliki berbagai keunggulan untuk dibudidayakan, lobster jenis ini juga dapat digunakan sebagai udang hias.

  1. Cherax Tenuimanus

Cherax Tenuimanus adalah salah satu lobster yang terkenal. Dikalangan masyarakat, udang lobster jenis ini memiliki sebutan lain yaitu marron. Lobster marron ini memiliki warna tubuh yang beragam seperti, biru keunguan dan coklat tua keunguan. Untuk dapat membudidayakan lobster jenis ini, cocok menggunakan lingkungan yang bersuhu air antara 11-30 derajat C dengan pH 6-8.

  1. Cherax destructor

Cherax destructor adalah lobster dengan sebutan lain yaitu si penghancur. Memiliki ciri fisik yang menonjol yaitu mempunyai capit yang besar, bahkan kadang-kadang lebih besar capitnya dari pada tubuhnya. Lobster si penghancur memiliki warna tubuh yang didominasi oleh warna merah kecoklatan. Dan ukuran jenis lobster ini dapat mencapai 30-50 cm dengan bobot 300-500 gram. Saat dibudidayakan, lobster cherax destructor dapat menghasilkan anakan sebanyak 30-150 ekor pada satu perkawinan. Dan juga, si penghancur biasanya memiliki sifat kanibal pada saat moulting.

  1. Procambarus clarkii

Procambarus clarkii adalah salah satu jenis lobster yang memiliki tubuh kecil. Ketika dewasa, Procambarus clarkii tersebut dapat mencapai panjang 12 cm, dengan berat 75-100 gram. Lobster jenis ini termasuk dalam keluarga cambaridae. Ciri khas dari jenis ini adalah memiliki seluruh tubuh yang berwarna merah bata untuk jantan, dan untuk betina berwarna orang kemerah-merahan. Jika dibandingakan dengan Cherax sp, procambarus clarkii memiliki ukuran yang lebih kecil.

  1. Astacopsis gouldi

Astacopsis gouldi memiliki sebutan yang lebih terkenal yaitu tazmaniagiant freshwater lobster. Lobster jenis ini memiliki badan, kepala, dan capit yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Lobster ini adalah yang memiliki ukuran tubuh paling besar dibandingkan lobster jenis lain. Panjang tubuhnya ketika dewasa dapat mencapai 90 cm, dengan berat 4-6 kg. Untuk dibudidayakan, lingkungan yang cocok adalah 20 derajat C, dengan pemijahan yang mampu menghasilkan 4000 butir telur selama 2 tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE