Sejarah Budidaya Belut Di Indonesia

Sejarah Budidaya Belut Di Indonesia

Urbanina.com – Berbicara mengenai sejarah budidaya belut di Indonesia menjadi menarik karena secara tidak langsung kita membicarakan tentang perkembangan budidaya belut tersebut. Sejak kapan masyarakat Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai pembudidaya? Bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari budidaya belut yang mereka lakukan tersebut? Hal ini tentu akan dapat dijawab dengan mengetahui sejarah perkembangan budidaya belut di Indonesia tersebut. Oleh karena itu, kali ini Urbanina akan membahas tentang perkembangan budidaya belut yang ada di Indonesia pada artikel ini.

sejarah budidaya belut di indonesia

Sejarah budidaya belut di Indonesia dapat memberikan inspirasi yang baru bagi mereka yang baru pertama kali mendengar kisah sejarah tersebut. Sejarah budidaya belut di Indonesia tersebut dimulai pada tahun 1997. Di tahun 1997 tersebut, menjadi salah saksi bahwa budidaya belut mulai booming di tanah air. Dengan kata lain, budidaya belut ini dimulai oleh beberapa orang, dan dengan cepat banyak orang lain yang juga mengikuti langkah beberapa orang tersebut untuk membudidayakan jenis ikan yang bernama belut. Lalu, kenapa tiba-tiba terjadi booming budidaya belut di tahun tersebut, apa alasannya?

Untuk mengetahui alasannya, dapat dilihat dari sejarah budidaya belut di Indonesia. Yang menjadi alasan utama mengapa terjadi booming budidaya belut pada waktu itu adalah karena adanya krisis moneter yang terjadi di Indonesia. Krisis moneter tersebut menjadi seolah seperti pukulan berat yang mendorong banyak orang untuk bergerak lebih cerdas agar tetap dapat bertahan hidup dan mendapatkan uang meskipun sedang dilanda krisis moneter tersebut. Nah, muncullah gagasan untuk membudidayakan belut. Waktu itu, banyak orang yang meyakini bahwa budidaya belut adalah salah satu cara yang dapat diusahakan untuk dapat memperoleh banyak keuntungan fiannsial, sehingga dapat menjadi solusi ditengah-tengah terjadinya krisis moneter.

Semakin hari semakin banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan belut. Banyak juga sarana pendukung budidaya yang mulai bermunculan seperti halnya pelatihan maupun seminar yang membahas tentang budidaya belut.

Patut disayangkan, setelah banyak orang mulai mempraktekan untuk membudidayakan belut, rupanya hasil yang mereka tidak sebanding dengan usaha yang telah mereka kerjakan selama itu. Sebagian besar dari mereka dapat dikatakan gagal dalam membudidayakan belut. Kegagalan mereka tersebut tidak lepas dari berbagai masalah yang datang secara tiba-tiba ketika budidaya belut tersebut mereka praktekan. Berbagai masalah yang menggagalkan usaha mereka waktu itu adalah berupa permasalahan pada pakan, benih, media, hingga berupa kurangnya informasi yang lengkap tentang cara budidaya ikan belut tersebut.

Sejarah budidaya belut di Indonesia tidak hanya sampai disitu. Kegagalan sebagaian besar orang yang membudidayakan belut waktu itu tentu menjadi pelajaran yang berharga. Adanya berbagai permasalahan yang tidak teratasi dengan baik menjadi salah satu pelajaran penting bagi petani atau peternak belut dimasa mendatang, agar lebih kritis terhadap berbagai permasalahan yang muncul ketika membudidayakan belut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *