Makanan Belut Yang Mudah Didapatkan Untuk Budidaya

Makanan Belut Yang Mudah Didapatkan Untuk Budidaya

Urbanina.com – Makanan belut rupanya tidaklah sulit untuk dicari. Terutama bagi Anda yang ingin membudidayan belut sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Tidak seperti pada budidaya ikan lainnya yang pakan atau makanan ikannya berganatung pada makanan yang berasal dari produksi pabrik. Pakan belut dapat dihasilkan dari beberapa hewan alami di sekitar kita. Walaupun berupa pakan alami yang tidak biasa dipakai untuk usaha budidaya ikan, tetapi pakan alami untuk belut ini memiliki beberapa gizi penting untuk belut sehingga tetap dapat dipakai untuk membesarkan belut secara efektif.

makanan belut

Belut merupakan salah satu hewan air yang hidup di lumpur dengan makanan alami berupa hewan-hewan kecil yang hidup di perairan tersebut. Meskipun begitu, sebagai pembudidaya Anda tidak perlu direpotkan dengan mencari hewan kecil tersebut di perairan yang banyak lumpurnya. Karena, belut tersebut rupanya juga mau memakan beberapa hewan kecil yang tidak harus dicari di perairan berlumpur. Tanpa basa-basi, berikut ini beberapa pakan belut yang dapat digunakan baik yang alami maupun yang buatan.

  1. Cacing tanah

Cacing tanah dapat diperoleh dengan mudah bagi anda yang membudidayan belut dan ingin mendapatkan pakan alami ini. Selain mudah didapatkan, pakan alami berupa cacing tanah ini juga mengandung gizi yang kaya protein. Sehingga, dapat dikatakan sebagai makanan belut terbaik yang berasal dari alam.

  1. Bekicot

Gizi yang ada pada bekicot juga baik untuk pertumbuhan belut yang dipelihara. Bekicot dapat dengan mudan anda dapatkan disekitar lingkungan anda. Hewan ini adalah hewan sejenis siput, tetapi hidup di darat. Karena hidup di darat, orang tidak perlu basah-basahan untuk mendapatkan makanan belut alami yang satu ini.

  1. Keong mas atau keong sawah

Setelah bekicot, keong mas atau keong mas juga baik untuk dijadikan sebagai makanan belut yang dibudidayakan. Untuk dapat memberikan keong mas pada belut yang anda pelihara, anda dapat mencari keong mas ini di sawah, sungai, atau di rawa-rawa. Belut juga termasuk ke dalam kelompok makanan alami yang baik untuk perkembangan belut.

  1. Cacing sutera

Siapa yang tidak kenal dengan cacing sutera? Tentu hampir semua orang tahu jenis cacing yang satu ini. Cacing sutera juga baik untuk diberikan kepada belut yang anda budidaya, karena memiliki kandungan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan belut.

  1. Kepiting air tawar

Untuk makanan belut yang kelima ini, yaitu kepiting air tawar, mungkin tidak perlu diberikan terlalu sering kepada belut yang dipelihara. Karena, fungsi pemberian kepiting air tawar ini adalah untuk merangsang nafsu makan belut yang dibudidaya.  Kepiting air tawar biasa disebut dengan yuyu di tanah jawa, yang tentunya dapat diperoleh di sekitar perairan air tawar.

  1. Pasta (pakan buatan)

Selain menggunakan beberapa makanan belut yang berasal dari alam diatas, anda dapat meramu pakan buatan yang disebut dengan pasta. Pasta ini diyakini dapat mempercepat pertumbuhan belut yang dibudidayakan. Pasta terbuat dari campuran beberapa bahan seperti daging, pelet ikan, dan tepung tapioka yang dicampur dengan air secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *