Cara Mudah Ternak Belut Di Kolam Terpal

Cara Mudah Ternak Belut Di Kolam Terpal

Urbanina.com – Cara mudah ternak belut di kolam terpal menjadikannya dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Hanya saja, untuk melakukan budidaya belut di kolam terpal tersebut tetap dibutuhkan kesungguhan dari pembudidaya itu sendiri untuk membudidayakannya dengan cermat sesuai prosedur yang ada. Bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu khawatir bila terjadi kegagalan dalam usaha membudidayakan belut di kolam terpal. Karena, dengan biaya modal yang tidak terlalu banyak ditambah kecermatan ketika melakukan budidaya, maka usaha ternak belut di kolam tersebut memiliki peluang besar untuk berhasil. Dan pada artikel ini, Anda dapat mengetahui tentang prosedur yang benar yang dapat dilakukan ketika hendak melakukakan ternak belut di kolam terpal.

ternak belut di kolam terpal

Mempersiapkan kolam terpal dengan benar

Untuk mempersiapkan kolam terpal, anda tidak perlu menggali tanah yang dapat menguras tenaga. Saat ini, pembuatan kolam terpal dapat dilakukan diatas permukaan tanah tanpa harus menggalinya terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan membuat semacam pagar yang membentuk segi empat kolam yang terbuat dari bilah bambu yang kuat, kemudian terpal nantinya diletakkan di tengah-tengah. Bilah bambu yang disusun seperti pagr tersebut harus kokoh karena nanti akan digunakan untuk menampung air yang tentunya memiliki massa yang cukup besar.

Ukuran kolam terpal diatas dapat anda sesuaikan dengan ketersediaan lahan, sehingga pembudidaya dapat mengatur sendiri ukuran kolam terpal nantinya. Namun, untuk kepadatan benih yang disebar nantinya berkisar di angka 50-100 ekor per meter persegi.

Mempersiapkan benih belut

Untuk melakukan ternak belut di kolam terpal, yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah benih belut. Mempersiapkan benih belut yang baik dapat dengan mudah anda lakukan jika anda telah mengetahui ciri-ciri bibit belut yang baik itu sendiri. Adapun beberapa ciri-ciri benih belut yang baik adalah sebagai berikut. Benih belut yang baik memliki gerakan tubuh yang lincah dan aktif, dengan kelengkapan organ tubuh padanya. Adapun umur belut yang baik ini biasanya berumur 2-4 bulan.

Pemeliharaan belut

Pemeliharaan belut merupakan salah satu komponen penting untuk melakukan ternak belut di kolam terpal. Pemeliharaan yang dilakukan ketika ternak belut di kolam terpal tidaklah sulit. Ada dua hal yang menjadi perhatian utama pembudidaya ketika memelihara ternak belut di kolam terpal tersebut. Kedua hal tersebut adalah perhatian pada makanan dan lingkungan belut.

Untuk memperhatikan makanan belut, belut akan suka dengan makanan semacam cacing, bekicot, keong mas, ulat belatung dan ikan kecil. Selain disukai belut, makanan alami tersebut juga mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan belut.

Sedangkan untuk lingkungan yang perlu diperhatikan adalah kondisi suhu serta ph air kolam. Adapun suhu air koam yang baik untuk pertumbuhan belu t berkisar di 25-31 derajat c , dan ph yang ideal adalah 5-7.

Pemanenan belut

Belut yang dipelihara di kolam terpal dapat dipanen setelah masa pemeliharaan selama 3 bulan. Namun, belut tersebut dapat dipelihara lebih lama lagi untuk mendapatkan belut dengan ukuran yang lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *