PELATIHAN HIDROPONIK TINGKAT INDUSTRI ( LANJUTAN )  BOGOR

PELATIHAN HIDROPONIK TINGKAT INDUSTRI ( LANJUTAN ) BOGOR

Urbanina.com – tanggal 15-16 oktober ini Urbanina.com bersama hidroponikuntuksemua.com mengadakan acara Pelatihan Hidroponik tingkat lanjutan. Kegiatan ini kami adakan supaya banyak masyarakat kita terutama anak muda yang mau bertani terutama petani hidroponik. Pemateri acara ini tentu saja pelaku hidroponik yang sudah menjual sayuran hidroponiknya ke pasar dengan sistem kontrak.

Untuk runtdown acara pelatihan hidroponik ini

pelatihan hidroponik industri

 

 

Diatas adalah susunan Acara yang kami adakan.. Alhamdulillah acara berlangsung sangat seru. ada banyak insight insight baru yang bisa didapatkan.

Pemateri pada acara ini adalah pak Zekky Owner Specta yang memiliki kebun hidroponik di ciapus. Yang paling seru adalah ketika pak Zekky memberi tantangan kepada peserta jika dalam 1 hari mendapatkan pesanan 150 kg sayuran, Berapa modal yang dibutuhkan dan berapa jumlah lubang tanam yang diperlukan. Semua peserta sibuk menghitung dan mengkalkulasikan. Ada yang menhitung hingga 1,4 milyar namun ada juga yang ratusan juta.

Dibawah ini adalah foto foto kegiatan pelatihan hidroponik skala industri yang diadakan oleh urbanina.com dan hidroponikuntuksemua.com

saat kunjungan kebun :

urbanina Ini pak Awang dan teman temannya saat melihat system dutch bucket, system dutch bucket biasanya digunakan untuk menanam sayuran buah seperti timun, tomat, melon dll. Dutch bucket ini menggunakan pot dan hidroton sebagai media tanamnya.

urbanina-2 Bersemangat menghitung jumlat lubang tanam pada system NFT bertingkat menyerupai anga A ini. dalam pelatihan ini tentu saja ada juga materi merancang system hidroponik yang baik. dalam gambar ada 6 meja yang masing masing meja memiliki 8 tingkat yang tiap tingkat ada 3 pipa 4 m jadi total ada 48 pipa 2,5 inchi. Jika dihitung jumlah lubang tanamnnya maka 48x 25 = 1200 lubang tanam. Maka total yang ada pada foto diatas adalah 1200×6 = 7200 lubang tanam. maka jika panen per kg nya adalah 10 tanaman maka bias panen 720 kg sayuran. urbanina-4Semangat belajar melihat proses penyemaian. ada kangkung yang disemai menggunakan kompos. setelah 4 hari baru dipindah ke system hidroponik phase 2.

urbanina-3

Diatas adalah foto foto beberapa peserta di kebun pak Zeky

sedangkan foto foto dibawah ini adalah foto foto dikelas saat teori :

urbanina-in-2 urbanina-in-3peserta sangat bersemangat mendenarkan pemaparan nara sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *