Tips Dan Cara Perawatan Pada Bibit Durian

Urbanina.com - kalau berbicara tentang nama buah-buahan yang paling menarik untuk dibicarakan, maka nama buah durian tentu bisa menjadi topik paling hangat untuk dibicarakan. Buah ini memiliki banyak keunggulan sekaligus keunikannya tersendiri sehingga banyak orang tertarik untuk membicarakannya. Buah ini memang banyak disukai masyarakan karena rasanya yang pas di lidah serta aroma buahnya yang khas. Karena banyak orang yang suka dengan buah durian, sampai-sampai banyak produk olahan yang terbuat dari buah ini bahkan juga disukai oleh anak-anak. Mungkin bagi kalangan orang dewasa selain suka dengan buahnya, juga tertarik untuk mulai menanam bibit durian di rumah. Menanam bibit durian di pekarangan sendiri akan berkesan kalau suatu saat ini sudah berbuah. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai tips dan cara perawatan pada bibit durian. cara perawatan pada bibit durian Saat ini siapa saja bisa menanam bibit durian di rumah mereka sendiri. Walaupun sebagian dari mereka bertujuan untuk sekedar hobi bertanam durian di pekarangan rumah, tetapi langkah tersebut juga baik untuk lingkungan. Karena bertanam durian berarti ikut serta untuk aksi "go green" atau aksi penghijauan untuk membuat bumi kembali sehat. Menanam bibit durian bisa dilakukan dengan menanam dari bibit, sehingga diperlukan cara perawatan pada bibit durian agar dihasilkan penanaman yang baik dan agar tanaman tetap sehat. Berikut ini adalah tips dan cara perawatan pada bibit durian.
  • penyiraman
Orang yang mencoba untuk menanam bibit durian tentu mengharapkan agar tanamannya tersebut bisa tumbuh dengan subur. Oleh karena itu cara perawatan pada bibit durian yang dilakukan agar tanaman bisa tumbuh subur tentu sangat di butuhkan. Nah, perawatan yang pertama bisa dilakukan dengan cara penyiraman. Penyiraman pada bibit durian sangat dibutuhkan karena air merupakan salah satu unsur yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Air juga berperan bagi tanaman untku proses fotosintesis. Nah, waktu yang disarankan untuk menyiram bibit durian ini adalah pagi dan sore hari. Tidak disarankan untuk menyiram di siang hari karena adanya terik matahari yang kurang baik.
  • pemangkasan
Tis yang kedua adalah dengan melakukan pemangkasan pada bibit tanaman. Pemangakasan pada bibit durian ini akan memberkan pengaruh baik pada pertumbuhan tanaman. Karena tujuan dari pemangkasan ini bukan lain adalah untuk membentuk bakal tajuk. Pemangkasan ini juga akan memperlancara pertumbuhan bibit karena dapat membuang ranting atau cabang tanaman yang berpotensi mengganggu laju pertumbuhan bibit tanaman durian. Nah, bagi anda yang mau melakukan pemangkasan pada tanaman durian, anda bisa melakukannya dengan menggunakan gunting pangkas. Untuk ranting dan daun hasil pemangkasan bibit durian, anda tidak perlu khawatir karena keduanya bisa dikumpulkan lalu diolah dan dijadikan pupuk kompos.
  • pemupukan
Tentu saja perawatan tanaman tidak akan lengkap kalau belum ditambah dengan langkah pemupukan. Termasuk juga pada bibit tanaman bibit durian ini, pun membutuhkan perawatan berupa pemupukan bibit. Bibit tanaman durian yang dibeli dari penjual tentu sudah dibekali dengan pupuk, namun jumlah pupuk tersebut tentu hanya secukupnya saja. Jadi, perlu bagi pembeli untuk menambahkan pupuk sendiri setelah bibit tananaman durian tersebut sampai di rumah. Nah, pupuk yang digunakan pun tidak boleh sembarang pupuk. Untuk bibit durian ini, pupuk yang baik dan cocok untuk diberikan adalah pupuk npk atau juga bisa diberi pupuk kompos. Menurut farmer kami, pupuk kohe (kotoran hewan) kambing juga cocok diberikan pada bibit durian ini. Nah, bagi anda yang mau order bibit durian merah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *