Tips Berhemat Dalam Mengkonsumsi Makanan Organik

Tips Berhemat Dalam Mengkonsumsi Makanan Organik

Urbanina.com – Dalam perkembangan dunia pertanian, makanan organik dikatakan lebih sehat dari makanan non-organik. Hal ini kemudian membuat orang menjadi tertarik untuk mengkonsumsi makanan organik. Kandungna zat pestisida yang mungkin terkandung pada makanan non-organik menjadikan masyarakat lebih memilih makanan organik. Namun, ketika seseorang mendatangi pasar, harga yang ditawarkan untuku makanan organik relatif lebih mahal dari pada makanan non-organik. Wajarlah, kan lebih sehat? Namun, hal ini tentu tidak menjadi kabar baik bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan. Berbeda dengan yang berpenghasilan lebih, orang yang berpenghasilan pas-pasan tentu akan berpikir dua kali bila ingin terus mengkonsumsi makanan organik yang sehat ini.

mengkonsumsi makanan organik

Maka dari itu, setidaknya diperlukan beberapa tips bagi mereka yang ingin tetap mengkonsumsi makanan organik yang sehat secara terus-menerus, walaupun penhasilannya pas-pasan. Caranya yaitu dengan menerapkan prinsip berhemat. Seseorang harus pintar-pintar dalam menghemat uang yang ia belanjakan agar dapat membeli makanan organik tanpa mengurangi jatah uang untuk kebutuhan yang lainnya. Beriut beberapa tips berhemat yang dapat dipraktikan agar dapat mengkonsumsi makanan organik berkelanjutan.

  1. Buatlah daftar makanan organik

Tips yang pertama yaitu dengan membuat daftar makanan organik yang wajib dibeli karena makanan tersebut terkandung pestisida yang tinggi. Dengan menanamkan prinsip lebih baik memakan makanan yang sehat walau jumlahnya sedikit dari pada memakan makanan yang jumlahnya banyak tapi tidak sehat. Dengan membuat daftar ini, tentu akan sangat membantu dalam menentukan menu makanan organik yang sehat agar dapat dikonsumsi secara teratur.

  1. Menanam sendiri tanaman organik

Untuk tips yang kedua ini tentu sesuatu yang baru, karena biasanya kita membeli produk makanan organik, bukannya memproduksi. Namun, walaupun baru, hal ini memiliki kemungkinan untuk dilakukan dan tidak sedikit yang sudah mencobanya dan berhasil. Tidak harus dengan lahan yang luas, menanam sayuran organik misalnya, dapat dilakukan di pekarangan kecil dibelakang atau depan rumah. Bahkan tanaman organik juga bisa ditanam dengan menggunakan pot. Dengan menanam sendiri makanan organik, tentu akan banyak menghemat pengeluaran karena tingkat pembelian makanan organik dapat dikurangi.

  1. Membeli makanan organik di koperasi / petani

Untuk mendapatkan harga miring, maka dapat membeli makanan organik yang diinginkan langsung di petani organik yang terpercaya. Atau bisa juga di koperasi atau juga di kelompok tani yang ada. Harga tentu akan berbeda dibandingkan yang ditawarkan di pasar. Selain itu, makanan organik yang didapatkan nantinya akan memiliki kualitas ysng lebih segar.

  1. Datang membeli menjelah jam tutup toko

Tips ini biasanya manjur. Carilah toko yang ada disekitar Anda kemudian datanglah disaat menjelang jam tutup toko. Dengan begitu, biasanya harga makanan organik akan lebih murah harganya. Hal ini dikarenakan makanan organik diperjualbelikan tanpa disertai bahan pengawet. Yang menjadikan bahan tersebut tidak tahan lama. Dengan demikian, penjual lebih memilih menjualnya dengan harga murah dari pada menyimpannya.

  1. Menambah pengatahuan tentang makanan organik

Untuk mendapatkan lebih banyak ilmu tentang makanan organik, bisa dilakukan dengan berbagi cara. Bisa dengan bergabung forum-forum yang membahas tentang makanan organik, atau sekedar bertanya kepada yang lebih tahu tentang makanan yang satu ini. Atau juga, saat ini telah ada buku-buku yang berisi tentang kemajuan makanan organik ini. Dengan lebih tahu tentang makanan organik, maka akan semakin faham lebih mendalam tentang makanan organik ini.

Selain tips diatas, mungkin masih ada beberapa tips yang lain. Namun, tips diatas patut untuk dicoba agar tetap bisa mengkonsumsi makanan organik secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *