Prinsip – Prinsip Pertanian Organik

Prinsip – Prinsip Pertanian Organik

Urbanina.com – Pertanian organik sebenarnya bukan barang baru dalam dunia pertanian dan budidaya tanaman. Sistem pertanian organik tentunya sudah dipraktekkan jauh sebelum manusia mengenal bahan kimia dalam industry pertanian. Di zaman dahulu masyarakat memanfaatkan kotoran limbah tanaman dan hewan ternak untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus member pupuk pada tanaman. Pertanian organic juga memiliki prinsip-prinsip yang harus dijalankan agar sistem ini bisa berjalan sesuai dengan tujuannya dan menjadi dasar dari prinsip pertanian organik itu sendiri.

prinsip pertanian organik

Prinsip-prinsip berikut merupakan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan pertanian organik. Prinsip-prinsip ini berisi tentang sumbangan yang dapat diberikan pertanian organik bagi dunia, dan merupakan sebuah visi untuk meningkatkan keseluruhan aspek pertanian secara global. Nilai-nilai sejarah,budaya dan komunitas akan selalu menyatu dalam pertanian organik. Prinsip-prinsip pertanian organik menyangkut bagaimana manusia bisa menjalin hubungan dengan lingkungan hidup atau ekosistem, berhubungan satu sama lain dan menjaganya agar bisa diwariskan untuk generasi mendatang. Prinsip-prionsip tersebut antara lain

 

  1. Prinsip Kesehatan

 

Prinsip pertanian organik yang pertama adalah prinsip kesehatan. Yang dimaksud dengan prinsip kesehatan adalah pertanian organik harus melestarikan dan meningkatkan kesehatan tanah, tanaman, hewan, manusia dan bumi sebagai satu kesatuan dan tak terpisahkan. Yang dimaksudkan dalam prinsip ini adalah pertanian organik bertujuan melakukan usaha pertanian dengan menjaga kesehatan tanah. Tentunya dengan pengertian bahwa tanah yang sehat akan menghasilkan tanaman dan makanan yang sehat dan makanan yang sehat tersebut dapat menjaga kesehatan manusia, hewan, tanaman dan organisme lainnya yang terkait dalam ekosistem.

 

  1. Prinsip Ekologi

 

Prinsip pertanian organik yang pertama adalah prinsip ekologi. Prinsip ekologi menyatakan bahwa pertanian organik harus didasarkan pada sistem dan siklus ekologi  kehidupan. Segala sesuatu dalam pertanian organik harus bekerja, meniru dan berusaha memelihara sistem dan siklus ekologi dalam kehidupan. Dalam hal ini prinsip ekologi akan mendasari kegiatan pertanian organik agar selaras dengan siklus ekologi dan daur ulang. Segala bentuk energy yang digunakan akan kembali digunakan dalam energy yang lain.

 

  1. Prinsip Keadilan

 

Prinsip pertanian organik yang pertama adalah prinsip keadilan. Pertanian organik harus mampu membangun hubungan yang mampu menjamin keadilan terkait dengan kondisi lingkungan dan kesempatan hidup bersama. Sesuai prinsip ini maka pertanian organik yang dikembangkan haruslah terjadi dengan prinsip keadilan dan kesetaraan antara berbagai pihak seperti petani, pekerja, pemroses, penyalur, pedagang dan konsumen. Pastikan semua golongan yang terkait dalam pertanian organik mendapatkan keuntungan yang sama dan tidak ada yang dirugikan. Tidak hanya itu segala hal yang menyangkut pertanian misalnya hewan ternak juga harus diperlakukan secara adil.

 

  1. Prinsip Perlindungan

 

Pertanian organik harus dikelola secara seksama,  hati-hati dan bertanggung

jawab untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan baik generasi saat ini atau generasi mendatang serta melindungi lingkungan hidup. Prinsip ini menyatakan bahwa upaya pencegahan dan tanggung jawab pengelola pertanian merupakan hal mendasar dalam usaha mengelola, mengembangkan dan memilih jenis teknologi yang akan digunakan dalam pertanian organik. Ilmu pengetahuan tentunya akan sangat diperlukan untuk menjamin bahwa pertanian organik yang dikembangkan dan dijalani bersifat menyehatkan, aman dan yang pasti ramah lingkungan

 

Prinsip-prinsip tersebut harus dipatuhi oleh semua golongan dan tidak hanya petani saja. Pertanian organik bisa menjadi awal kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat. Dengan meminimalisir penggunaan bahan kimia, tanaman akan dapat tumbuh lebih baik dan menghasilkan dedaunan sayuran maupun buah-buahan yang berkualitas. Mungkin saat ini pertanian organik belum bisa diterapkan oleh semua petani dan pembudidaya tanaman karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *