Petani Kembali Punya Minat Pupuk Organik

Petani Kembali Punya Minat Pupuk Organik

Urbanina.com – Seiring dengan berjalannya waktu, maka kemajuan pertanian juag tak kalah maju. Kemajuan yang ada pada pertanian juga sudah semakin maju, salah satunya dalam upaya penggunaan pupuk. Bagi para petani, pupuk merupakan komponen penting dan tak tergantikan dalam upaya menumbuhkan tanaman yang menghasilkan bahan makanan yang baik. Panen yang baik sangat tergantung dari kualitas pupuk yang ditaburkan pada tanaman yang ditanamnya. Pupuk yang terkenal dengan hasil panen yang baik memang dipegang oleh pupuk kimia, hal ini daikarenakan zat kimia pada pupuk kimia yang dapat membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Namun, hal ini tidaklah selalu bagus untuk para petani, karena lahan tanam mereka bisa menjadi tidak subur jika penggunaan pupuk kimia ini berlebihan. Hingga akhirnya, minat pupuk organik dari para petani kembali menaik.

minat pupuk organik

Minat pupuk organik yang menaik ini tak hanya dari kerugian satu sisi pada kerugaian lahan saja, namun dari sisi yang lain pun memberikan perannya. Seperti, harga pupuk kimia yang mahal, kualitas pupuk organik yang bisa ditingkatkan, dan lain-lain. Salah satu hal yang sedang nyata ada di hadapan para petani adalah faktor kesadaran mereka. Mereka yang sudah berpengalaman dalam menggunakan pupuk organik maupun pupuk kimia tentu mengetahui keunggulan dan kelebihan masing-masing pupuk. Dengan begitu, dengan pertimbangan ramah lingkungan dan pertimbangan lain, para petani kembali berminat pada pupuk yang lama yaitu minat pupuk organik.

Selain dari kesadaran para petani, minat pupuk organik juga menaik karena hasil studi yang dikembangkan oleh mahasiswa yang ada di Indonesia, yang jurusan pertanian tentunya. Ilmu yang mereka dapat dari bangku kuliah kemudian diaplikasikannya di dunia yang sesungguhnya agar dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Tak hanya kepada petani, bahkan para pebisnis pun dapat mendapat manfaat dari ilmu yang diaplikasikannya. Karena, kadang-kadang mahasiswa mengadakan kegiatan pelatihan mengenai pupuk organik ini, dari pembuatannya hingga digunakan dan apa eek baiknya. Sehingga, bagi mereka yang tidak bisa bertani mereka bisa mengambil kesempatan untuk sekedar memproduksi pupuk organik saja, dan menjualnya ke para petani.

Yang jelas, kemajuan di dunia pertanian kini semakin maju dengan pesat kearah yang lebih baik. Tak hanya itu, peran dari seluruh kalangan masyarakat turut membantu kemajuan pesat di dunia pertanian indonesia ini.

Salah satu keunggulan dari pupuk organik ialah kemampuannya yang dapat mengembalikan unsur hara yang terdapat pada tanah. Dengan fungsi tersebut, maka tanah yang apabila diberi pupuk organik, tanah tersebut akan kembali memiliki kesuburan fisik serta kesuburan biologis tanah.

Perkembangan pupuk organik yang ada di indonesia juga mendapat dukungan dari pemerintah. Dengan lantang Kementrian Koperasi dan UKM telah menyuarakan dukungan tersebut. Dikatakannya bahwa koperasi yang ada di Indonesia akan mengupayakan adanya peroduksi pupuk organik sebagai pemasok bagi para petani di Indonesia pada nantinya. Program tersebut telah dilaksanakan di beberapa tempat di Indonesia seperti Bali, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *