Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Pupuk Kompos?

Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Pupuk Kompos?

Urbanina.com – Di dunia pertanian, pupuk sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan demi memberi nutrisi kepada tanaman. Dalam perkembangannya, pupuk sudah menjadi lebih maju dan sangat membantu petani dalam memproduksi tanaman. Ada sebuah pupuk yang menyediakan nutrisi yang sangat baik untuk tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh menjadi lebih tinggi serta menghasilkan hasil panen yang sangat menguntungkan. Namun, kemajuan itu rupanya selain memberi manfaat yang lebih ternyata juga memberi dampak buruk terhadap kualitas tanah terutama. Dengan begitu, orang kemudian banyak membicarakan tentang pupuk kompos. Pupuk kompos sebenarnya pupuk yang tidak terlalu disukai karena tidak praktis, namun diperbincangkan karena kualitasnya yang dapat menyuburkan tanah kembali.

tentang pupuk kompos

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat, ada pupuk yang dapat memberikan nutrisi lebih terhadap tanaman tetapi berdampak tidak baik terhadap kualitas tanah. Pupuk yang dijelaskan tadi tentu bukanlah pupuk kompos. Pupuk yang tidak dapat menjaga kualitas tanah adalah bukan tantang pupuk kompos. Pupuk yang dijelaskan tadi adalah pupuk dulunya sangat disukai pleh para petani. Karena dapat memberikan hasil panen yang luar bisa banyak, petani kemudian memakainya untuk memupuk tanaman yang mereka tanam. Hasilnya pun tak mengecawakan justru menggembirakan. Namun, penggunaan jangka lama terhadap pupuk yang satu ini menjadikan tanah berkurang kesuburannya. Dan untuk mendapat hasil panen dengan jumlah yang banyak, diperlukan pula jumlah pupuk yang banyak untuk perawatannya. Hal ini menjadikan perbincangan tentang pupuk kompos menjadi banyak diperbincangkan.

Berbicara tentang pupuk kompos, tentu berbicara tentang mengatasi masalah kualitas lahan yang mulai menurun kesuburannya. Namun, sebenarnya penggunaan pupuk kompos sudah banyak dilakukan jauh sebelum munculnya pupuk yang mengakibatkan kualitas lahan menurun ini. Pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dari fermentasi atau dekomposisi tanaman, hewan, atau limbah organik. Pupuk ini termasuk kelompok pupuk organik, sehingga dengan kata lain semua bahan organik yang mengalami fermentasi atau dekomposisi dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Hal ini dapat dilihat dari tanah yang dulunya tidak dipakai ternyata dapat menumbuhkan tnaaman dengan baik. Lalu, tanah tersebut dapat dipastikan memiliki fermentasi atau dekomposisi bahan organik yang telah terjadi jauh di masa lalu.

Berbicara tentang pupuk kompos tentu berbicara tentang sifat pupuk kompos tersebut. Sehingga, orang akan lebih tahu tentang apa keuntungan pupuk kompos dilihat dari sifatnya. Sifat pupuk kompos yang pertama adalah bahwa pupuk kompos mampu memperbaiki struktur tanah yang berlempung agar menjadi tanah yang ringan. Lalu, pupuk kompos juga dapat memperbesar daya ikat tanah berpasir untuk menjadikan tanah tidah berderai. Dan sifat ketiga pupuk kompos adalah memiliki kemampuan untuk menambah daya ikat air kepada tanah.

Dari tiga sifat diatas, tentu menggunakan pupuk kompos merupakan pilihan yang jitu untuk meningkatkan kualitas tanah agar menjadi lebih subur. Selain tiga sifat diatas, pupuk kompos juga memiliki sifat yaitu dapat memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah. Juga dapat menambah daya ikat tanah terhadap zat hara. Seperti yang diketahui bahwa zat hara penting untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, pupuk kompos juga sekaligus memiliki kandungan hara yang lengkap, meski jumlahnya tidak seberapa. Sifat lainnya adalah pupuk kompos dapat membantu pelapukan bahan mineral, memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikrobia, serta menurunkan aktivitas mikroorganisma yang merugikan bagi tanaman dan tanah. Dengan banyknya sifat menguntungkan pada pupuk kompos, tentu dapat menambah wawasan dan memantapkan penggunaan pupuk kompos ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *