Pentingnya Pertanian Organik Bagi Kehidupan Kita

Pentingnya Pertanian Organik Bagi Kehidupan Kita

Urbanina.com – Pertanian organik merupakan teknik budidaya pertanian yang bergantung pada bahan-bahan alami tidak dengan memakai bahan-bahan kimia sintetis. Pertanian organik memiliki tujuan penting guna memasok produk-produk pertanian, khususnya bahan pangan yang aman untuk kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak mencemari lingkungan. Pola hidup sehat ini sudah melembaga secara internasional yang menjadikan syarat perlindungan kalau produk pertanian mesti ramah lingkungan, mengandung nutrisi, dan aman dikonsumsi. Pentingnya pertanian organik untuk menjamin kesehatan, konsumen khususnya, membuat permintaan terhadap produk pertanian organik dunia meningkat dengan pesat.

Indonesia mempunyai kekayaan sumberdaya hayati tropika yang luar biasa, melimpahnya tanah, air, dan sinar matahari serta budaya masyarakat yang menjunjung tinggi alam menyebabkan potensi pertanian organik amat besar. Setiap tahunnya pasar produk pertanian organik dunia naik 20%, maka dari itu pengembangannya harus diutamakan pada tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk mencukupi keperluan pasar ekspor dan domestik.

Pentingnya Pertanian Organik []

Pentingnya pertanian organik dapat dilihat dari beberapa manfaat pertanian organik berikut ini:

  • Kesehatan, teknik pertanian organik akan menghasilkan produksi pertanian yang sehat. Pada hasil produksi pertanian organik ada beberapa kandungan diantaranya beta karoten, kalium dan vitamin C.
  • Lingkungan, teknik pertanian ini akan melindungi kesuburan tanah, keseimbangan ekosistem dan kesehatan lingkungan karena dalam pertanian organik tidak memakai bahan-bahan kimia sintetis yang dikenal bisa menyebabkan dampak buruk dan polusi pada kesehatan tanaman dan kesuburan tanah.

Pertanian organik meminta supaya lahan yang dipergunakan tidak tercemari oleh bahan-bahan kimia dan mempunyai kebolehcapaian yang baik. Luas tanah dan kualitasnya menjadi penilaian dalam pemilihan lahan. Lahan yang belum terkena pencemaran ialah lahan yang belum digarap, namun secara umum lahan seperti itu kurang subur. Lahan yang subur biasanya sudah diupayakan secara intensif dengan memakai bahan pestisida dan pupuk kimia. Memakai lahan seperti ini membutuhkan masa konversi relatif lama, yaitu kira-kira 2 tahun.

Banyaknya produk pertanian organik menyentuh sampai kira-kira 5-7% dari keseluruhan produk pertanian yang diperjualbelikan di pasar internasional. Kebanyakan dipasok oleh negara-negara maju seperti Eropa, Amerika dan Australia. Di Asia sendiri, pasar buatan pertanian organik lebih banyak dikuasai oleh negara-negara timur jauh seperti Korea, Taiwan dan Jepang.

Kemampuan pasar produk-produk pertanian organik di Indonesia kecil sekali, cuma terpaku pada kalangan menengah ke atas. Beberapa hambatan yang dijumpai diantaranya:

  • belum tersedianya insentif harga yang cukup bagi produsen produk pertanian organik,
  • butuh modal besar di awal pengembangan sebab mesti menentukan lahan yang betul-betul steril dari bahan-bahan agrokimia,
  • belum adanya ketentuan pasar akibatnya petani malas menghassilkan komoditas itu.

Pertanian organik merupakan metode produksi pertanian yang terpadu dan menyeluruh yang mengutamakan kesehatan dan daya produksi agro-ekosistem dengan cara alami sehingga sanggup memproduksi serat dan pangan yang memadai, bermutu, dan kontinu. Demikianlah arti pentingnya pertanian organik bagi kehidupan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *