Pembahasan Prinsip-prinsip Pertanian Organik

Urbanina.com – Saat ini banyak penyakit dan hama tanaman baru yang timbul karena penggunaan bahan-bahan kimia, seperti pestisida dan obat-obatan yang lainnya yang dipergunakan di dalam pertanian. Maka dari itu kini sedang dikembangkan pertanian organik. Pertanian organik ini tidak sekedar pertanian yang tidak memakai bahan kimia saja, namun terdapat prinsip-prinsip tertentu yang dipakai sebagai acuan. Pembahasan prinsip-prinsip pertanian organik perlu dilakukan agar masyarakat semakin memahami akan keberadaannya.

Pada umumnya masyarakat belum banyak yang mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan pertanian organik. Pertanian organik adalah suatu sistem produksi pertanian yang mengandalkan baha-bahan alami dan mencegah atau menjauhi pemakaian bahan kimia serta mencegah pemakaian kimia sintetis seperti zat pengatur tumbuh, herbisida, pestisida, dan aditif pakan.

Pembahasan Prinsip-prinsip Pertanian Organik [ ]

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba menjalankan pertanian secara organik sebaiknya menyimak terlebih dahulu pembahasan prinsip-prinsip pertanian organik yang disajikan urbanina kali ini. Pembahasan prinsip-prinsip pertanian organik ini diadakan agar bisa dipergunakan sebagai gambaran untuk masyrakat yang ingin melakukan kegiatan bertani atau berkebun dengan sistem/teknik organik.

Berdasarkan International Federation of Organik Agriculture Movements (IFOAM), prinsip-prinsip pertanian organik berdasarkan pada 4 pilar utama, yakni prinsip kesehatan, prinsip ekologi, prinsip keadilan dan prinsip perlindungan.

Prinsip Kesehatan

Pertanian organik mesti menyehatkan dan melestarikan bumi, manusia, hewan, tanaman dan tanah sebagai sebuah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Prinsip ini menandakan kalau kesehatan individu dan komunitas tidak bisa dipisahkan dari kesehatan ekosistemnya. Secara istimewa pertanian organik ditujukan untuk memproduksi makanan berkualitas tinggi dan bergizi yang membatu pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan sehingga penggunaan obat-obatan, pestisida, pupuk kimia untuk hewan yang berdampak membahayakan kesehatan harus dihindari.

Prinsip Ekologi

Prinsip ini mengatakan kalau produksi berdasarkan pada proses dan daur ulang ekologis. Budidaya pertanian juga harus selaras dengan siklus dan keseimbangan ekologi di alam. Pengelolaan organik mesti diselaraskan dengan kondisi, ekologi, budaya dan skala lokal. Pertanian organik bisa mendapat keseimbangan ekologi melewati pemeliharaan keragaman genetik dan pertanian, membangun habitat, dan pola sistem pertanian. Mereka yang memproduksi, memproses, mendistribusikan, atau mengonsumsi produk-produk organik mesti menjaga dan menguntungkan bagi lingkungannya secara umum, tak terkecuali di dalamnya yakni air, udara, keragaman hayati, habitat, iklim, dan tanah.

Prinsip Keadilan

Prinsip ini menegaskan kalau mereka yang terlibat dalam pertanian organik mesti menciptakan hubungan yang manusiawi untuk menjamin terwujudnya keadilan untuk seluruh pihak di segala tingkatan, seperti konsumen, pedagang, penyalur, pemroses, pekerja dan petani. Pertanian organik bermaksud untuk memproduksi ketersediaan pangan dan produk lainnya yang cukup dengan mutu yang bagus. Sumber daya alam serta lingkungan yang dipergunakan untuk produksi dan konsumsi tersebut mesti diatur dengan cara yang adil secara ekologis dan sosial, serta dirawat untuk generasi yang akan datang.

Prinsip Perlindungan

Pertanian organik harus diselenggarakan dengan waspada dan bertanggung jawab untuk menjaga kesejahteraan dan kesehatan generasi sekarang dan yang akan datang serta lingkungan hidupnya. Para pelaku pertanian organik dianjurkan untuk melakukan penghematan dalam produktivitas namun jangan merugikan kesejahteraan dan kesehatan. Ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan untuk memastikan jika pertanian organik ramah lingkungan, aman dan menyehatkan.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *