Peluang Bisnis Makanan Organik Yang Cukup Besar

Peluang Bisnis Makanan Organik Yang Cukup Besar

Urbanina.com – Makanan organik sudah menjadi salah satu sumber makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Dengan demikian, semakin lama akan semakin banyak kebutuhan makanan organik yang harus dipenuhi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, makanan organik berbeda denganmakanan non-organik, ia memiliki kualitas menyehatkan yang lebih baik dibanding makanan non-organik. Dan itu berbanding lurus dengan harga yang tertempel pada makanan organik yang relatif lebih mahal. Seiring dengan kemajuan itu, ada peluang bagi mereka yang ingin terjun di dunia bisnis makanan organik. Peluang bisnis makanan organik tentu akan terus terbuka sampai kedepannya, mengingat kebutuhan pangan yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

peluang bisnis makanan organik

Untuk mengetahui peluang bisnis makanan organik lebih lanjut, diperlukan pengamatan terhadap berbagai aspek agar dapat memanfaatkan peluang yang ada. Dimulai dari hal yang paling kecil, hingga yang paling besar, dari yang paling mudah hingga yang paling sulit untuk dilakukan. Hal ini serasa perlu dilakukan untuk memperkecil resiko mengalami kerugian yang besar bila telah menjalankannya. Biasanya orang tertarik melakukan sesuatu dikarenakan ia menyukai apa yang ia lakukan. Lalu, peluang bisnis makanan organik ini memiliki daya tarik yang cukup untuk menarik minat banyak orang. Bila mengkonsumsi makanan organik saja tubuh akan terpenuhi nutrisi tubuhnya, apalagi berbisnis makanan organik, kira-kira apa yang yang akan terpenuhi ya?

Makanan organik ini selain menyehatkan, juga telah memiliki banyak peminat di Indonesia. Meskipun rata-rata kelas menengah keatas, tetapi mereka telah rela untuk membayar lebih mahal untuk makanan organik. Tak lain karena mereka memilih makanan yang sehat yaitu makanan organik. Hal ini telah meyakinkan bahwa kemungkinan makanan organik laku di pasaran adalah ada, meskipun memiliki pasar yang sedikit bebeda. Karena makanan organik biasanya dijual di supermarket, atau juga bisa juga ditemukan di para agen khusus yang menjual produk-produk organik didalamnya. Sebagai gambaran, di negara maju makanan organik telah banyak diminati mengingat keinginan konsumen akan kesehatan yang akan didapat nantinya. Kalau di negara maju saja bisa, tentu di negara Indonesia juga bisa. Harus tetap optimis.

Ada tiga profesi yang dapat dipilih bila ingin berbisnis makanan organik. Yaitu sebagai petani, pemasok dan sebagai petani sekaligus pemasok. Bila ingin menjadi petani, diharuskan melakukan budidaya tanaman dengan tanpa mencampurkan bahan-bahan kimia pada tanaman. Contoh bahan kimia yang dimaksud adalah semisal pupuk kimia buatan, pestisida, insektisida, herbisida serta fungisida, tentu masih ada bahan kimia yang lain. Ketika memupuk tanaman, bisa menggunakan pupuk organik, semisal pupuk kompos. Dan juga, sebagai petani organik harus sabar ketika memiliki lahan yang dulunya diberi pupuk  atau bahan-bahan kimia. Karena tanah yang benar-benar organik harus memiliki kadar organik yang cukup untuk bebas dari bahan-bahan kimia. Namun, ketika tanah sudah menjadi organik, kedepannya akan semakin mudah dalam bertani. Karena biaya untuk pupuk organik relatif lebih murah, bahkan dapat ditemui disekitar Rumah.

Untuk menjadi pemasok, maka akan disibukkan dengan menjalin kerjasama dengan para petani dan tempat yang akan menjadi pasokan. Tempat tersebut bisa restoran, rumah sakit atau tempat lain yang dapat menjadi tempat pasokan. Hal ini tentu penting untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Demikian peluang bisnis makanan organik yang bisa saja menjadi pilihan dalam terjun didunia bisnis. Agar bisnis menjadi lancar, tentu dibutuhkan kesabaran, keuletan dan ketekunan agar bisnis dapat berjalan sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *