Mengenal Tuwuh Dan Pembenah Tanah

Urbanina.com – apakah anda pernah mendengar nama tuwuh? Kalau anda sudah mengenal tuwuh, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Akan tetapi kalau anda belum begitu mengenal tuwuh ini, mungkin anda masih merasa asing dan masih bertanya-tanya tentang apa itu tuwuh. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini kita akan mengenalkan kepada anda apa itu tuwuh. Lalu, apa itu pembenah tanah? Apakah anda juga masih asing dengan sebuatan ini? Kalau anda sudah sering terjun di dunia pertanian, mungkin anda tidak akan terlalu asing dengan nama ini. Iya, sebutan pembenah tanah memang menjadi salah satu pembahasan yang menarik untuk dibahas dan kali ini kami akan membahasnya sekaligus bersama tuwuh, karena keduanya memang berkesinambungan.

mengenal tuwuh

Sebelum mengenal tuwuh dan pembenah tanah, akan lebih mudah lagi kalau kita sedikit melihat fenomena lahan pertanian yang terjadi di dekat kita khususnya lahan milik petani dan umunya lahan umum yang ada di pekarangan masyarakat indonesia pada umunya. Kalau kita mengenal jenis-jenis tanah, ada tanah yang subur dan ada tanah yang kurang subur. Ada beberapa jenis tanah yang subur dan bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian sehingga menghasilkan hasil tani yang berkualitas serta jumlahnya banyak. Akan tetapi, lahan yang biasanya subur digunakan untuk bertanam tersebut lama-kelamaan akan mengalami penurunan tingkat kesuburan disebabkan oleh banyak faktor. Hal ini membuat tanah kurang baik bila ingin digunakan lagi untuk bertanam sayuran maupun tanaman lainnya. Sehingga, muncullah pembenah tanah ini.

Pembenah tanah sudah mulai dikembangkan di indonesia dan beberapa sudah mendapatkan manfaat dari pengembangan ini. Pada dasarnya, pembenah tanah merupakan unsur yang bisa membenahi atau memperbaiki kualitas unsur hara pada tanah, sehingga tanah bisa kembali digunakan untuk bercocok tanam. Kita tahu bahwa ada banyak faktor mengapa tanah bisa menurun unsur haranya, mulai dari penggunaan obat-obatan dan pestisida yang berlebihan, akibat limbah yang tidak teratasi dan lain-lain.

Tanah yang sudah dibenahi atau sudah diperbaiki akan memiiki kemampuannya kembali untuk menumbuhkan tanaman atau sayuran diatasnya. Tentu saja kerusakan unsur hara yang terjadi pada tanah tidak diinginkan oleh petani, tetapi pada kenyataannya tetap ada beberapa kasus tanah yang dulunya subur untuk bertanam kini berubah menjadi tidak bersahabat sama sekali. Hal ini tentu sangat disayangkkan mengingat indonesia sebagai negara agraris yang kaya akan sumber daya dari pertanian. Sehingga, teknologi pembenah tanah ini bisa diterapkan oleh petani maupun masyarakat yang sekedar hobi bertanam untuk memperbaiki kembali lahan yang dimilikinya untuk bertanam sayuran maupun tanaman yang menghasilkan lainnya. Salah satu pembenah tanah adalah tuwuh.

Seperti yang disebutkan diatas, tuwuh adalah salah satu pembenah tanah. Dengan kata lain, kita mengenal tuwuh sebagai salah satu pembenah tanah yang bisa digunakan atau diaplikasikan untuk membenahi kualitas unsur hara pada tanah yang rusak. Tuwuh tersebut memiliki komposisi unsur makro dan mikro yang diperlukan untuk meningkatkan daya dukung tanah, sehingga produktivitas tanah bisa lebih optimal. Dengan memiliki tanah yang optimal tersebut, maka diharapkan produktivitas juga bisa ikut menjadi lebih optimal dan berkelanjutan. Selain itu, tuwuh ini juga mengandung unsur humat dan fulval, activator microba tanah dan kombinasi nutrisi tanah. Dengan komposisi yang lengkap tersebut diharapkan bisa membantu dalam upaya menyuburkan tanah kembali atau memperbaiki kualitas unsur hara pada tanah yang mau ditanami kembali. Nah, bagi anda yang mau order tuwuh ini, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *