Mengapa Lahan Pertanian Anda Butuh Pupuk?

Mengapa Lahan Pertanian Anda Butuh Pupuk?

Urbanina.com – Pupuk adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari suatu pertanian baik yang menggunakan metode organik maupun konvensional. Berbagai macam pupuk bisa kita temukan dipasaran saat ini mulai dari pupuk kimia buatan pabrik hingga pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selama ini mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa lahan pertanian dan kebun anda membutuhkan pupuk? Bukankah di alam liar tumbuhan tumbuh begitu saja tanpa adanya pupuk? Hal-hal ini memang sepele tapi tahukan anda alasan dibalik kebutuhan pupuk tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya terletak pada fakta bahwa manusia tentunya hanya ingin menumbuhkan spesies tanaman tertentu di lahan mereka. Lalu apa hubungannya dengan penggunaan pupuk?

lahan pertanian

Seperti yang kita ketahui, tanah adalah sumber nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Tanaman akan menyerap segala sesuatu yang terkandung dalam tanah dan menggunakannya untuk mendukung pertumbuhan. Akan tetapi, jumlah atau proporsi unsur hara atau mineral yang terkandung dalam  tanah disuatu area tidaklah sama dengan tanah di area lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kandungan mineral dalam tanah tidaklah seragam dan hal ini berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Di alam liar, hanya tanaman yang dapat beradaptasi dengan kondisi tanahlah yang dapat tumbuh meski tanpa campur tangan manusia dan tumbuhan yang tidak dapat beradaptasi dan bertahan pada tanah tersebut tidak akan tumbuh.

Berbeda halnya dengan lahan pertanian, mengingat manusia hanya ingin menumbuhkan jenis tanaman tertentu dan tanaman itu haruslah tumbuh dengan kondisi tanah yang ada maka disinilah peran pupuk dibutuhkan. Sebelum memulai proses penanaman tentunya petani dapat menganalisis kandungan mineral pada tanah atau lahan pertaniannya sehingga ia dapat menentukan pupuk atau suplemen apa yang akan ia tambahkan jika ingin menanam suatu jenis tanaman. Dengan menambahkan pupuk, petani bisa menjamin ketersediaan mineral dalam tanah yang bisa digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanamannya.

Selain itu, tanah pada lahan pertanian dimana tanaman tumbuh tentunya akan berkurang kadar nutrisi dan mineralnya karena diserap oleh tanaman untuk keperluan tumbuh kembangnya. Hal ini bisa berakibat tanah menjadi tidak subur karena mineralnya diserap terus menerus sementara tanah tidak mendapatkan tambahan mineral atau nutrisi untuk menjaga kesuburannya, perlu diingat bahwa tanah memperoleh nutrisi atau mineralnya dari dedaunan yang mati atau jatuh kemudian diuraikan kembali. Akan tetapi pada suatu pertanian, dedaunan dan hasil tumbuhan tersebut dipetik dan dijadikan makanan sehingga tidak ada dedaunan atau sisa tumbuhan yang jatuh kembali ketanah. Oleh sebab itu, suatu lahan pertanian atau perkebunan memerlukan pupuk untuk memperkaya kandungan mineral tanah dan menciptakan suatu kondisi yang bisa ditanami tumbuhan.

Lalu apa sajakah mineral atau nutrisi yang diperlukan oleh tanaman? Mineral atau unsure hara yang paling penting dan berperan sebagai unsure mikro atau unsure yang dibutuhkan dalam jumlah besar diantaranya adalah Nitrogen (N), Fosfor (P) dan Potassium (K). Hampir semua jenis pupuk digolongkan berdasarkan kandungan NPK tersebut. Meskipun demikian tanaman tidak hanya membutuhkan unsur mikro saja akan tetapi juga unsur mikro atau mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tanaman tetapi berperan penting dalam menjaga kondisi normal pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Diantara unsur mikro yang diperlukan tanaman antara lain kalsium, magnesium,zink, boron, mangan dan lain sebagainya. Penambahan unsur mikro dalam tanah atau lahan pertanian tidaklah mutlak karena tanaman hanya memerlukannya dalam jumlah sedikit akan tetapi jika tanah miskin unsur mikro tersebut dan tanaman mengalami gejala defisiensi maka unsur mikro dapat ditambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *