Menanam Lettuce Organik Dirumah Hingga Panen

Urbanina.com - Menanam lettuce organik, dilihat dari judulnya saja ini merupakan kegiatan mengisi waktu luang yang menyenangkan, terutama bagi yang hobi berkebun. Berkebun sendiri merupakan hal yang menyenangkan apalagi menanam tanaman organik seperti lettuce, tentu akan lebih menyenangkan. Yang menjadi alasan kuat mengapa kegiatan in menyenangkan adalah karena lettuce organik merupakan salah satu sayuran yang direkomendasikan secar medis untuk dikonsumsi keluarga. Mengapa? Jelas karena sayuran organik memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari pada sayuran konvensional karena tidak ada penggunaan pestisida pada sayuran organik tersebut. Lalu, bagaimana cara menanam lettuce organik dirumah hingga panen? Dalam kesempatan ini, Urbanina akan membagikan tips yang bisa anda praktekan dirumah tentang cara menanam lettuce organik ini. Tidak membutuhkan peralatan yang mahal, tetapi tetap bisa membesarkan lettuce secara organik. Apakah anda sudah siap untuk memulainya? menanam lettuce organik Pertama-tama, kita perlu menghitung berapa lahan yang ada di rumah kita, yang bisa dimanfaatkan untuk menanam lettuce organik tersebut. kebetulan kami kali ini menggunakan salah satu starter kit organik yang khusus digunakan untuk menanam sayuran organik di rumah. adapun ukuran starterkit ini kurang lebih adalah 60 cm x 40 cm. Dengan alat ini, sudah bisa dihasilkan sayuran lettuce yang mencukupi untuk skala hobi keluarga di rumah. tentu anda bebas memilih berapa luas yang mau anda tanami lettuce organik disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Kemudian, siapkan peralatan sesuai dalam daftar alat dan bahan berikut ini: 111
  1. Tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1
  2. Benih lettuce red
  3. Lahan secukupnya
  4. Starterkit kalau ada, kalau tidak ada, bisa cukup membentengi tanah dengan kayu yang dirangkai atau juga bisa menggunakan batu bata untuk membentengi.
  5. Cetok atau centong bekas
  6. Air secukupnya
111 (2) Baiklah, sudah tidak sabar lagi mari kita segera memulai penanamannya. Berikut ini adalah langkah-langkah singkat dan simpel yang bisa dilakukan secara berurutan.
  1. Langkah sebelum penyemaian
Salah satu langkah yang ditunggu-tunggu oleh banyak pekebun adalah langkah penyemaian. Namun, sebenarnya ada langkah yang lebih penting untuk dilakukan agar penyemaian itu sendiri nantinya bisa berjalan dengan baik. langkah tersebut kami sebut dengan langkah sebelum penyemaian, yaitu dengan mempersiapkan segala sesuatu sebelum penyemaian siap dilakukan. Untuk menyiapkan penyemaian, yang perlu dilakukan yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam, yaitu tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Campurkan tanah dan pupuk kandang tersebut di starterkit yang telah disiapkan. Bila tidak memiliki starter kit, bisa menggunakan lahan biasa kemudian di pinggirnya diletakkan batu atau kayu untuk pembatas. Gunakan cetok atau centong bekas untuk mengaduk media tanam tersebut, dan lalu berikan air secukupnya agar media tanam tersebut menjadi lembab. Inlah pentingnya persiapan sebelum menyemai, kita harus fokus untuk membuat media tanam menjadi lembab, tetapi tidak terlalu basah, dan juga tidak terlalu kering.
  1. Langkah Penyemaian
Media tanam telah disiapkan dengan langkah no.1, langkah berikutnya adalah dengan memulai menyemai. Buatlah lubang tanam sebanyak dua baris memanjang menggunakan cetok. Kedalaman lubang minimal 2 cm. Kemudian taburkan benih lettuce yang disiapkan kedalam lubang yang telah dibuat tersebut. baru kemudian kubur kembali benih menggunakan media tanam disektar lubang tanam. tunggu 1- 2 hari hingga pecah benih.
  1. Langkah perawatan
Langkah perawatan lettuce organik ini tidak jauh berbeda dengan perawatan sayuran konvensional pada umumnya. Tetapi, yang jelas membedakan adalah bahwa selama perawatan lettuce organik dari benih sampai panen sama sekali tidak menggunakan bahan pestisida yang membahayakan tubuh.
  1. Langkah pemanenan
111 (1) Anda bisa memanen sayuran lettuce organik yang sehat ini ketika sayuran telah berumur 30-45 hari. Di umur tersebut, sayuran sudah memiliki ukuran yang cukup untuk dipanen. sekaligus memiliki rasa yang ideal untuk dikonsumsi. Dan tentunya, di umur tersebut sayuran lettuce organik ini sangat baik untuk menjadi asupan gizi bagi anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *