Manfaat Pertanian Organik Bagi Lingkungan

Manfaat Pertanian Organik Bagi Lingkungan

Urbanina.com – Lingkungan adalah tempat dimana kita hidup dan bagian dari seluruh ekosistem yang ada di bumi. Dengan menjaga lingkungan berarti kita juga menjaga bumi dan tempat tinggal kita dari kerusakan. Saat ini telah banyak terjadi pencemaran lingkungan dan bumi yang kita tinggali semakin tua dan banyak bencana yang menimpa. Semua hal itu terjadi karena manusia yang kurang bisa menjaga lingkungannya dan cenderung mengeksploitasi alam. Salah satu hal yang mempengaruhi kondisi alam atau lingkungan adalah pertanian. Pertanian sendiri diartikan sebagai usaha manusia membudidayakan tanaman untuk memenuhi kebutuhan makanannya sehari-hari. Ada berbagai jenis sistem pertanian dewasa ini dan salah satunya adalah sistem pertanian organik, sistem ini disebut-sebut manfaat pertanian organik adalah sebagai sistem yang ramah lingkungan, mengapa demikian?

manfaat pertanian organik

  1. Menjaga kelestarian alam

Metode pertanian organik bisa membantu manusia dalam usaha melestarikan lingkungan. Dengan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya atau zat kimia dalam pertanian maka kelestarian alam dapat dijaga karena bahan alami yang digunakan dalam pertanian organik tidak mencemari lingkungan seperti tanah, air, udara dan sebagainya.

  1. Manfaat pertanian organik menjaga kesuburan tanah

Tanah yang subur adalah modal bagi manusia untuk mendapatkan makanannya. Tanpa adanya tanah yang subur maka budidaya tanaman tidak bisa berlangsung meskipun saat ini sudah banyak metode pertanian yang dikembangkan tanpa menggunakan tanah. Meskipun demikian menjaga kstabilan dan kesuburan tanah tetaplah penting karena bukan hanya tanaman pangan saja yang membutuhkan tanah subur untuk tumbuh melainkan pohon yang menghasilkan oksigen. Dengan metode pertanian organik, petani tetap bisa mengolah lahannya berulang-ulang sehingga tidak perlu membuka lahan baru. Hal ini tentunya bisa mencegah pembukaan area hutan dan area lain dimana pepohonan tumbuh.

  1. Manfaat pertanian organik mengurangi pencemaran air

Tahukah anda bahwa pestisida dan pupuk kimia yang masuk kedalam tanah bisa mencemari air dalam tanah? Hal ini bisa berbahaya karena air dalam tanah biasanya akan mengalir ke dalam sumur dan sumbar mata air yang digunakan untuk konsumsi sehari-hari. Selain itu pencemaran air tanah juga bisa berakibat buruk bagi siklus air secara keseluruhan dan mengakibatkan masalah bagi manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

  1. Mencegah pencemaran udara dan perubahan iklim

Pencemaran udara adalah salah satu hal yang tidak bisa dielakkan saat ini. Emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor tentunya berakibat fatal pada kondisi udara dan iklim begitu juga dengan gas emisi yang dihasilkan oleh mesin-mesin pertanian yang menggunakan bahan bakar fosil. Pertanian organik dapat mengurangi emisi tersebut karena metode pertanian ini tidaklah banyak menggunakan mesin pertanian yang menggunakan bahan bakar fosil. Selain itu, pertanian organik juga bisa mengurangi gas karbondioksida yang dikenal sebagai gas rumah kaca atau greenhouse effect yang bisa menyebabkan perubahan iklim dan merusak atmosfer.

  1. Menjaga keragaman hayati

Penggunaan pupuk dan pestisida kimia tentunya berbahaya bagi organisme lain seperti hewan serangga, cacing dan hewan lain yang tinggal dalam tanah, udara maupun air. Misalnya pupuk kimia yang digunakan dalam pertanian modern bisa menyebabkan pertumbuhan gulma pada sumber air misalnya sungai atau danau dan dikenal dengan istilah eutrofikasi. Hal ini bisa berbahaya bagi organism yang tinggal dan hidup dalam air sungai karena kebutuhan oksigen mereka tidak terpenuhi dan dikuasai oelh gulma tersebut. Selain itu, pestisida kimia yang digunakan bisa saja tidak hanya membunuh hama atau hewan yang menyerang tumbuhan tetapi juga mematikan serangga lain yang bermanfaat bagi tanaman.

Demikian manfaat pertanian organik bagi lingkungan yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *