Keunggulan Beras Organik yang Layak Diketahui

Urbanina.com - Bagi Anda yang kerap shopping di supermarket pastinya seringkali menemui beragam merek beras yang diberi label beras organik. Beras organik itu sendiri adalah beras yang dalam proses pengolahannya memercayakan bahan alami daripada dengan bahan-bahan kimia. Sejak dari pupuk, pengendalian hama, serta air yang dipergunakan dalam mengolah beras organik terlepas dari kontaminasi zat-zat kimia. Namun, apakah keunggulan beras organik dibandingkan dengan beras biasa? Beras organik merupakan beras yang diproduksi melewati proses budidaya organik tidak dengan mempergunakan pestisida (racun hama) dan pupuk kimia. Sementara itu proses organik merupakan budidaya di tanah yang ramah lingkungan, tidak mempergunakan pestisida (racun hama) dan pupuk kimia. Hal ini akan memelihara kelestarian lingkungan sekitar dan tentu saja keseimbangan ekosistem di dalamnya. Keunggulan Beras Organik Budidaya beras organik dalam prosesnya dilakukan dengan cara mempergunakan pupuk organik, seperti pupuk hayati, pupuk hijau atau kompos. Untuk masalah pengendalian dan pemberantasan hama memakai pestisida alami yang dibuat dari buah-buahan dan daun-daunan yang difermentasikan dengan cara alami. Proses organik dipercaya bisa memulihkan struktur dan kesuburan tanah, serta menciptakan ekosistem yang berkesinambungan. Proses organik pun bisa  mengontrol organisme pengganggu tanaman (OPT). Keunggulan beras organik yang dapat kita rasakan itu dihasilkan dari:
  • Proses tanpa poles (tidak mengandung bahan pengawet)
  • Mempergunakan air yang bersih (tidak tercemar)
  • Memakai pupuk organik
  • Ditanam/dibudidayakan tidak dengan menggunakan pestisida
  • Padi jenis lokal (non transgenik)
  • Budidaya tanaman (khususnya padi) tanpa pestisida
Apabila kita bandingkan dengan beras non-organik, maka beras organik mempunyai beberapa keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan beras organik:
  • Beras organik rasanya lebih pulen ketika dimasak.
  • Nasi bisa tahan sampai 24 jam sehingga tidak mudah basi.
  • Volume-nya lebih banyak ketimbang beras non-organik.
Disamping mempunyai beberapa keunggulan seperti disebutkan di atas, mengonsumsi beras organik akan memberikan manfaat untuk tubuh, diantaranya :
  • Dengan mengonsumsi beras organik akan menurunkan kadar urea di dalam darah yang selama ini sudah menumpuk sebab kebiasaan mengonsumsi beras yang diberi pupuk dengan urea.
  • Dapat menurunkan kadar logam berat di dalam darah sebab pemakaian insektisida kimiawi. Hal inilah yang bisa menghindarkan tubuh dari serangan beragam macam penyakit berbahaya yang pada beberapa tahun belakangan ini banyak dialami oleh masyarakat.
  • Beras organik mempunyai banyak kandungan karbohidrat, glukosa, nutrisi dan mineral tinggi, dan proteinnya cepat terurai sehingga aman dan amat baik sekali dikonsumsi penderita diabetes.
  • Beras organik bagus vertigo, darah tinggi, asam urat, serangan jantung, mencegah kanker dan untuk program diet.
Lantaran proses produksinya mengoptimalkan bahan-bahan alami, beras ini diyakini mempunyai banyak keunggulan daripada beras non-organik. Disamping bisa menaikkan daya tahan tubuh kita sebab memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, beras inipun mempunyai banyak keunggulan dari segi rasa, daya tahan, dan kandungan kimia berbahaya untuk tubuh. Nah, menilik beberapa keunggulan beras organik ini pastinya Anda saat ini mulai berpikir untuk mengganti beras dan beralih ke beras organik, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *