Keunggulan Beras Hitam Organik, Anda Perlu Tahu

Keunggulan Beras Hitam Organik, Anda Perlu Tahu

Urbanina.com – Beras putih dan beras merah tentunya telah amat tidak asing lagi bagi kita. Bagaimanakah bila dengan beras hitam? Saat ini tidak sedikit yang menjual beras berwarna hitam, entah itu di supermarket atau swalayan kecil. Tidak hanya beras dengan warna hitam yang biasa, tetapi juga beras hitam organik yang tentu saja akan lebih sehat dari yang biasa-biasa saja. Lalu, apakah keunggulan beras hitam organik jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya seperti beras putih, beras merah dan beras cokelat?

Beras hitam merupakan beras yang bersumber dari padi yang cuma tumbuh di Asia. Beras berwarna hitam ini telah amat dikenal sejak dulu, khususnya di China, tetapi hanya lingkungan kerajaanlah yang mulanya cuma bisa mengonsumsi beras hitam ini lantaran jarang sekali.

Keunggulan Beras Hitam Organik [ ]

Warna hitam pada beras hitam timbul sebab kulit ari (endosperm) menghasilkan antosianin dengan kadar tinggi sehingga menciptakan warna ungu gelap sampai hitam. Semakin pekat warna beras itu maka antioksidannya pun akan semakin tinggi. Tingginya kandungan antioksidan menjadi keunggulan beras hitam organik sehingga bisa membantu dalam berbagai hal yang  berguna untuk tubuh kita.

Selain itu beras hitam mempunyai rasa lebih pulen dibandingkan beras cokelat dan aromanya pun lebih enak plus wangi. Kepadatan beras hitam lebih padat dibanding yang lainnya sehingga dibutuhkan lebih banyak air dan lebih lama waktu memasak untuk menghasilkan nasi yang enak untuk dimakan dan pulen.

Berikut beberapa keunggulan beras hitam organik dibandingkan dengan beras jenis lainnya.

Kandungan Kalori

Bila bicara tentang kalori pastinya berkaitan sekali dengan program penurunan berat badan (diet). Diet tidak hanya memiliki tujuan untuk menghindari obesitas saja tetapi dengan diet bisa menghindari bermacm-macam penyakit atau menjauhi beragam risiko macam-macam penyakit. Di dalam 76 gr beras hitam terkandung 200 kalori, sementara itu beras merah mengandung 226 kalori. Kalori untuk diet lebih baik beras hitam ketimbang beras merah.

Kandungan Serat

Beras merah mempunyai kandungan serat yang banyak, tetapi beras yang hitam ternyata mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi sehingga untuk program diet juga memerlukan serat yang tinggi supaya metabolisme lancar. Untuk itu dalam kandungan serat yang lebih tinggi maka beras hitam lebih berkhasiat dan bermanfaat dibandingkan beras merah.

Kandungan Protein, Karbohidrat, Lemak

Di dalam 76 gr beras hitam memiliki kandungan 6 gr protein, 43 gr karbohidrat, dan 2 gr lemak. Sementara itu beras merah memiliki kandungan 5 gr protein, 47 gr karbohidrat, dan 2 gr lemak. Jadi jelas beras hitam lebih unggul daripada beras merah.

Kandungan Mineral

Kandungan mineral antara beras hitam dan beras merah sebetulnya sama, tetapi dalam hal sumber zat besi ternyata beras hitam lebih baik sebab bisa mencukupi 6% keperluan setiap hari, sementara itu beras merah cuma 5% saja.

Antioksidan

Berdasarkan American Chemical Society menyatakan kalau kandungan antosianin pada beras hitam yang terkait dengan pigmen hitamnya ini adalah semakin gelap warna hitamnya, maka semakin tinggi kadar antioksidannya. Beras merah memang mengandung antioksidan dan  vitamin E yang tinggi, tetapi tidak setinggi dengan beras hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *