Kemajuan Teknologi Pembuatan Kompos

Kemajuan Teknologi Pembuatan Kompos

Urbanina.com – Kompos banyak diproduksi karena kebutuhan bagi petani semakin meningakat. Kompos yang menjadi salah satu pemberi nutrisi ramah lingkungan terbaik untuk tanaman banyak digemari oleh petani juga. Bagaimanapun, lahan yang digunakan petani akan terus diupayakan agar dapat digunakan hingga waktu yang lama. Dalam pembuatannya, teknologi pembuatan kompos semakin berkembang seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemikiran cerdas untuk membuat inovasi pembuatan pupuk kompos sangat dihargai demi kemajuan pertanian.

teknologi pembuatan kompos

Di negara maju seperti Amerika, kemajuan teknologi telah menunjukan grafik yang menaik. Hal itu tentu menjadikan kemakmuran dibidang pertanian menjadi lebih maju. Kemakmuran inilah yang diharapkan oleh negara lainnya seperti Indonesia. Di Amerika sendiri memiliki pengembangan kompos yang patut dicontoh. Telah banyak petani yang memanfaat kotoran ayam, kotoran kuda, kotoran sapi yang dijadikan pupuk kompos yang dijualbelikan. Menurut data, dimulai tahun 1992 pemerintahnya menerapkan program budidaya organik secara Nasional. Program ini pun ternyata cukup baik untuk para petani. Dan dua tahun kemudian, perkembangannya dibuktikan dengan sudah terdapat dua juta titik di Amerika yang mampu memprosuksi kompos.

Teknologi pembuatan kompos terus dilakukan inovasi. Berdasar proses pembuatannya, pembuatan komos dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Kompos yang diproses secara alami

Kompos jenis ini merupakan kompos yang terbuat sendiri secara alami. Dengankata lain, dalam pembuatannya terjadi tanpa ccampur tangan manusia kecuali sedikit. Adapun peran manusia dalam pembuatan kompos ini adalah dalam hal pengumpulan bahan dan penyusunan bahan. Setelah itu proses pengomposan terjadi secara alami oleh bahan-bahan yang telah dikumpulkan. Kompos alami ini akan menjadi kompos yang baik dalam kurun waktu yang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 3 – 4 bulan bahkan ada yang lebih.

  1. Kompos yang diproses dengan bantuan manusia

Kompos yang diproses dengan campur tangan manusia ini adalah proses pembuatan kompos yang mana manusia berperan dari awal pembuatan sampai benar-benar menjadi kompos yang berkualitas. Peran yang dilakukan manusia diantaranya adalah menyiapkan bahan, memperlakukan bahan, mencampur bahan, mengatur temperatur bahan, mengatur kelembapan dan  mengatur konsentrasi oksigen. Manusia sangat berperan aktif dalam pembuatannya. Teknologi pembuatan kompos yang kedua ini tentu sudah maju agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Biasanya, denagn ditambahkannya aktivator pengurai bahan baku kompos.

Aktivator yang dimaksud sudah banyak yang menawarkan berbagai merk dan juga produk yang bervariasi. Teknologi pembuatan kompos yang satu ini tentu sangat baik untuk membantu pembuaatan pupuk kompos. Namun, produsen kompos tidak sembarangan dalam memilih teknologi yang akan membantu mereka. Karena, kmajuan teknologi yang dilakukan manusia harus memiliki daya atau kekuatan yang baik dan akurat, serta teknologi yang ramah lingkungan. Dan dari kemajuan dibidang pembuatan pupuk kompos ini telah memberi dampak yang bagus karena dapat memproduksi kompos hanya dalam waktu 2 – 4 minggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *