Kelebihan Makanan Organik Tak Hanya Lebih Lezat Lho!

Kelebihan Makanan Organik Tak Hanya Lebih Lezat Lho!

Urbanina.com – Seperti yang telah dibahas sebelumnya, makanan organik merupakan makanan yang lebih sehat dari pada makanan konvensional. Makanan organik juga telah teruji memliki kandungan gizi yang lebih dibandingka makanan non-organik, serta dapat mencegah terjangkit penyakit. Singkatnya, kelebihan makanan organik sudah tidak perlu diragukan lagi. Bila dihadapkan dengan dua pilihan antara makanan organik dengan makanan non-organik, tentu saya akan memilih makanan organik. Untuk lebih detailnya, berikut kelebihan makanan organik berdasarkan penelitian.

Kelebihan makanan organik

  1. Mengandung antioksidan lebih banyak, hingga 50%

Penelitian kali ini dilakukan dengan mendapat pembiayaan dari Uni Eropa. Penelitian tersebut telah menghasilkan hasil yang memuaskan. Dihasilkan bahwa makanan organik mengandung antioksidan sebanyak 50% lebih banyak dibanding makanan non-organik. Dengan begitu, makanan organik dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Lebih jelasnya, makanan organik juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti zat besi dan zinc yang lebih banyak dibandinga makanan non-organik.

  1. Lebih lezat di Lidah

Kelebihan makanan organik yang kedua adalah bahwa makanan organik memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan makanan non-organik. Hal ini kemudian berdampak pada kehidupan di restoran. Banyak restoran terkenal memilih makanan organik untuk bahan yang disajikan. Karena, dapat mempengaruhi rasa dan kepuasan pelanggan.

  1. Lebih aman untuk anak dan bayi

Memberi makanan organik kepada bayi menjadi sebagai rekomendasi yang baik. Hal ini karena berpengaruh kepada kesehatan bayi. Berdasar penelitian, makanan organik berperan dalam menurunkan kadar karsinogen yang terdpat pada bayi, sebanyak 1/6 dalam darahnya dibandikan dengan memberi makanan non-organik padanya. Dengan begitu, bayi akan tidak mudah terserang penyakit yang menyerang diusianya. Oleh karena itu, penting bagi bayi dan anak-anak untuk mengkonsumsi makanan organik.

  1. Tidak cepat busuk

Makanan seperti buah dan sayuran bisa juga ditemukan di supermarket. Namun, kadang-kadang ditemui buah atau sayuran yang memiliki penampakan yang bagus, tetapi busuk hanya dalam dua hari. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan buah atau sayuran tersebut adalah makanan non-organik. Ada semacam teknologi untuk menumbuhkan makanan yang sehat, yang bernama teknologi radiasi. Ada radiasi yang menggunakan sinar X, ada juga yang menggunakan bahan radioaktif. Dengan radiasi tersebut, bakteri dalam makanan akan dihilangkan, namun unsur molekul dan daya hidup makanan juga akan berubah. Dengan begitu, makanan akan cepat membusuk dibanding dengan makanan organik. Kalau pendapat saya, saya lebih memilih makanan organiknya dibandingkan dengan yang terkena sinar radiasi. Dan juga, biji dari tanaman yang diradiasi tidak dapat tumbuh, berbeda dengan biji tanaman organik yang dapat tumbuh.

  1. Binatang yang tumbuh sehat

Binatang yang diternakan dengan metode organik memiliki perhatian lebih dari peternaknya. Peternak lebih mengutamakan agar hewan tersebut sehat, dari pada untung banyak, tetapi hewannya sakit. Hal ini dijelaskan karena para peternak organik tidak memberikan hewan yang mereka ternak makanan yang tidak organik, semuanya organik. Agar hewan yang diternak tetap sehat, maka apapun hewannya makanannya harus yang organik. Sehingga daging, ikan maupun ayam organik juga akan menyehatkan bagi konsumennya.

  1. Ramah lingkungan

Setiap yang dilakukan oleh petani maupun peternak organik, memiliki keramahanlingkungan yang baik. Dengan kata lain, tidak memberi dampak buruk terhadap lingkungan. Slah satu contohnya adalah petani organik. Petani organik tidak akan menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia dalam usahanya menumbuhkan tanaman. Dengan demikian, pestisida tidak akan mencemari tanah seperti halnya petani yang menggunakan pestisida dalam usaha pertaniannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *