Cara Sederhana Menanam Microgreens

Urbanina.com – Sayuran microgreens memang tidak banyak dijual di pasaran. Sayuran ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran sayuran dewasa. Sedangkan sayuran dewasa ini adalah jenis sayuran yang biasa dijual dipasaran. Jika ingin membeli sayuran biasa, orang bisa membelinya di pasar yang banyak menyediakan jenis sayuran ini. Namun, jika orang ingin membeli sayuran microgreens, maka ia akan kesulitan untuk memperolehnya dari pasar yang ada. Sayuran microgreens sendiri merupakan jenis sayuran yang lebih baru dari sayuran biasa. Sehingga, masih sedikit orang yang memilih sayuran microgreens dibanding sayuran dewasa. Lalu, bagi orang yang tahu manfaat dari microgreens dan ingin mengkonsumsinya, ia dapat mendapatkannya di restoran yang menyediakan menu olahan microgreens ini. Namun, jika restoran terdekatpun tidak ada, ia bisa menanamnya sendiri meskipun hanya memiliki lahan yang sempit. Untuk dapat menanamnya, Urbanina akan memberikan tips atau cara sederhana menanam microgreens.

cara sederhana menanam microgreens

Cara sederhana menanam microgreens ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin menanam microgreens agar dapat mengkonsumsinya. Bagi orang yang hanya penasaran untuk mencobanya, juga dapat melakukan cara sederhana menanam microgreens ini. Dengan bisa menanam microgreens, tentu akan menambah pengalaman bertanam. Dan jika mengkonsumsinya, tentu akan mendapatkan gizi dan manfaat yang terkandung pada microgreens ini. Tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkah yang mudah dan sederhana dari cara sederhana menanam microgreens.

Pertama, perlu disiapkan objek microgreens yang ditanam. Dalam hal ini. Microgreens dapat tumbuh dari benih yang sayuran yang baik. Jadi, siapkan benih. Benih sayuran dapat dibeli dari toko pertanian terdekat, atau jika tidak ingin panas-panasan dijalan, bisa juga membeli benih tersebut secara online.

Kedua, setelah mendapatkan beniha sayur yang sesuai dengan keinginan. Perlu disiapkan tempat yang akan menjadi kebun mini microgreens nantinya. Tanah yang memiliki kualitas baik adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan kebun mini tersebut. Lebih baik tanah tersebut dipindah dan diletakkan di nampan atau tempat lain agar nantinya kebun mini dapat dipindah-pindah.

Ketiga, tebarkan benih yang dibeli dari toko pertanian atau toko online ke tanah yang telah dipersiapkan tersebut. Penebaran benih ini lebih baik dilakukan secara merata, karena tanaman microgreens akan tumbuh dari benih yang ditebarkan tadi.

Keempat, siramlah benih yang telah ditebarkan tersebut. Namun, cukup sedikit saja air yang disiramkan pada benih tersebut. Jika air yang disiramkan terlalu banyak, dikhawatirkan kebun mini nanti akan terlalu becek dan dikhawatirkan membuat benih sulit berkembang.

Kelima, benih yang telah disiram dengan air yang cukup memerlukan sinar matahari secara tidak langsung. Untuk mendapatkan sinar matahari jenis ini, kebun mini dapat diletakkan di dekat jendela rumah. Tanaman microgreens yang mendapatkan sinar matahari secara langsung dikhawatirkan akan tumbuh dengan tidak baik.

Keenam, rawat kebun mini mincrogreens tersebut dengan cara menyiramnya. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan pada penyiraman kebun mini ini. Yaitu disiram setiap hari, dan disiram dengan cara sedikit demi sedikit secukupnya.

Ketujuh, panen microgreens pada kebun mini ini setelah siap panen. Salah satu cara untuk menandai masa panen microgreens di kebun mini ini adalah ketika tanaman microgreens telah tumbuh mencapai tinggi sekitar 2-3 inci.

Itulah ketujuh langkah mudah dan sederhana pada penanaman microgreens. Sesuai judulnya, cara diatas adalah cara sederhana, sehingga akan mudah untuk dipraktekan siapa saja yang ingin menanam microgreens.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *