Cara Pindah Tanam Telang Dengan Cara Organik

Urbanina.com – cara bercocok tanam yang dilakukan di indonesia sangat beragam. Apalagi di zaman globalisasi ini perkembangan dunia pertanian telah berkembang menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Bercocok tanam tidak hanya menjadi salah satu perkerjaan yang digeluti, namun kini hobi bercocok tanam pun mulai banyak dilakukan oleh banyak orang. Adapun salah satu sistem bercocok tanam yang sudah ada sejak lama dan masih digunakan adalah cara bercocok tanam secara organik. Sistem tanam organik ini bisa digunakan untuk bertanam berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman sayuran, buah bahkan jenis tanaman bunga. Salah satu tanaman bunga yang bisa ditanam dengan sistem organik adalah tanman bunga telang. Adapun menanam bunga telah dapat dilakukan mulai dari pemnyemaian, cara pindah tanam telang hingga perawatan dan memanen hasilnya setelah tumbuh dengan baik di sistem organik tersebut.

cara pindah tanam telang

Menanam tanaman bunga memang menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Selain bisa menyalurkan hobi untuk bertanam, hasil penanaman bunga telang tersebut bisa dijadikan sebagai tanaman hias di halaman atau pekarangan rumah. Cara menanam bunga telah tersebut pun sebenarnya cukup mudah dan bisa dipraktekan oleh siapa saja yang mau belajar. Mulai dari penyemaian, cara pindah tanam telang dan masa perawatan adalah salah satu kunci keberhasilan menanam bunga telang tersebut.

Bagi sebagian orang bunga telang adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah ditanam mulai dari semai, cara pindah tanam telang hingga menjadi tanaman hias. Namun, bagi sebagian orang lagi, tanaman bunga telang tersebut merupakan salah satu tanamna yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tanaman telang tersebut merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat seperti untuk mengobati sakit telinga, sakit mata, untuk menghitamkan dan menguatkan rambut bahkan bisa untuk mengobati penyakit bronchitis. Banyaknya manfaat dari tanaman bunga telang ini tentu saja bisa memotivasi seseorang untuk menanam tanaman bunga telang tersebut. Berikut ini adalah step by step yang bisa dilakukan untuk cara pindah tanam telang dengan cara organik.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu polibag dengan ukuran diameter minimal 20 cm.
  • Lalu, siapkan sekam bakar, cocopeat dan pupuk organik masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata lalu gunakan sebagai media tanam.
  • Masukan media tanam tersebut ke dalam polibag.
  • Buat lubang tanam pada media tanam yang telah berada didalam polibag tersebut.
  • Siapkan semaian bunga telang yang akan dipindah tanam.
  • Pilih semaian bunga telang yang sudah siap untuk dipindah tanam.
  • Pindahkan semaian yang sudah siap pindah tanam tersebut ke lubang tanam yang tadi sudah dibuat.
  • Tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya.
  • Setelah itu, siramkan air secukupnya ke akar tanaman telang yang telah dipindah tanam tersebut.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pindah tanam pada tanaman bunga telang. Adapun setelah pindah tanam tersebut maka tanaman perlu dilakukan langkah perawatan agar bisa tumbuh dengan baik hingga menjadi tanaman hias yang bisa menghiasi halaman maupun pekarangan rumah. Adapun salah satu cara perawatan yang tidak boleh dilupakan adalah untuk meletakkan tanaman di lokasi yangm udah terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan tanaman bunga telang tersebut membutuhkan sinar matahari untuk proses pertumbuhannya. Adapun dikarenakan tanaman tersebut ditanam di polibag, maka akan lebih mudah bagi anda untuk memindahkan tanaman ke lokasi yang mudah terkena sinar matahari tersebut. Nah, bagi anda yang mau order polibag, anda bisa oder dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *