Cara Pindah Tanam Tanaman Bidara Arab

Urbanina.com – terdapat banyak macam dan jenis tanaman yang bisa tumbuh di indonesia. Kita tahu negara kita tersebut merupakan salah satu negara yang terletak di iklim tropis sehingga selain cocok digunakan untuk bertanam tanaman tropis, di negara kita tersebut juga bisa digunakan untuk bertanam berbagai tanaman herbal untuk sekendar hobi maupun untuk kebutuhan keluarga. Saat ini tanaman herbal menjadi salah satu jenis tanaman yang memiliki tempat di hati para hobiis berkebun di indonesia. Mulai dari berbagai tanaman obat hingga tanaman unik seperti bidara arab. Menanam bidara arab tentu saja menjadi hal yang disukai hobiis mulai dari menyemai, cara pindah tanam tanaman bidara arab sampai memanfaatkan tanaman herbal tersebut.

cara pindah tanam tanaman bidara arab

Tanaman bidara arab memang menjadi salah satu tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai koleksi maupun hobi bagi para hobiis berkebun. Hal ini juga dikarenakan cara tanam maupun cara pindah tanam tanaman bidara arab tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula. Kita tahu sebagai pemula tentu saja wajar apabila penasaran tentang cara pindah tanam tanaman bidara arab yang tentu saja masih terlihat baru dan masih awam tersebut. Oleh karena itu, seorang pemula lebih disarankan untuk mempelajari secara bertahap mulai dari cara menyemai lalu cara pindah tanam tanaman bidara arab hingga nantinya bisa memanen sendiri.

Sebenarnya cara yang dilakukan untuk bisa melakukan penanaman bidara arab ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah untuk dipelajari. Adapun cara penanaman yang digunakan adalah menggunakan sistem organik. Sistem organik adalah salah satu sistem penanaman tanaman yang dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan organik saja tanpa dicampuri dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Dengan menanam bidara arab dengan sistem organik ini diharapkan bisa dihasilkan tanaman bidara arab yang sehat pula. Sehingga, nantinya hasil panennya bisa digunakan dalam keadaan yang maksimal. Berikut ini adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pindah tanam pada tanmaan bidara arab yang disemai menggunakan sistem organik tersebut.

  • Pertama-tama pastikan terlebih dahulu bahwa semaian bidara arab organik yang anda siapkan benar-benar siap untuk dipindah tanam.
  • Salah satu ciri-ciri semaian yang siap untuk dipindah tanam adalah tanaman tersebut telah tumbuh daun sejati. Kalau semaian bidara arab anda telah tumbuh daun sejati, itu berarti tanaman tersebut siap untuk dipindah tanam.
  • Setelah semaian siap untuk dipindah tanam, siapkan polibag berdiameter minimal 7 cm, yang nanti akan digunakan untuk pindah tanam.
  • Siapkan sekam bakar, tanah dan pupuk kohe masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut hingga benar-benar merata. Semakin merata maka semakin baik, gunakan campuran tersebut sebagai media tanam.
  • Masukkan media tanam tersebut ke polibag tetapi jangan terlalu penuh terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pindahkan semaian bidara arab yang telah siap pindah tanam ke polibag tersebut.
  • Baru tambahkan tambahan media tanam ke polibag untuk menutupi akar tanaman bidara arab.
  • Berikan air secukupnya pada tanaman bidara arab yang telah dipindah tanam agar tanaman tidak kekurangan air.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan proses pindah tanam pada tanaman bidara arab organik. Langkah demi langkah tersebut bisa anda praktekan di rumah sehingga bisa dilakukan kapan saja dimana anda bisa mengisi waktu luang anda untuk hobi berkebun tanaman bidara arab tersebut. Nah, bagi anda yang mau order polibag untuk pindah tanam bidara arab, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *