Cara Pindah Tanam Okra

Urbanina.com – menanam sayuran di rumah sudah menjadi salah satu hal yang biasa dilakukan oleh mereka yang hobi dengan kegiatan bertanam. Kita tahu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bertanam atau berkebun di rumah tersebut. Selain itu, banyak jenis sayuran yang bisa ditanam di rumah mulai dari sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung hingga jenis sayuran buah seperti sayuran buah okra. Okra masih tergolong jenis sayuran buah akan tetapi mungkin masih belum banyak orang yang familiar dengan sayuran yang satu ini. Sebenarnya menanam okra bisa dilakukan dengan cukup simpel mulai dari penyemaian, cara pindah tanam okra hingga cara panen di akhir ketika sudah siap panen. Sehingga, kegiatan menanam okra menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan untuk mengisi waktu luang sebagai salah satu hobi yang bermanfaat.

cara pindah tanam okra

Pada dasarnya bertanam sayuran di rumah memang tidak diperlukan banyak keahlian khusus sehingga siapa saja bisa melakukannya, termasuk untuk menanam sayuran okra tersebut. Cara pindah tanam okra merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan bagi mereka yang mau melakukan penanaman okra tersebut. Karena dengan cara pindah tanam okra tersebut maka baru bisa dlakukan perawatan tanaman okra dengan baik. Kesalahan pada cara pindah tanam okra tersebut sangat tidak diharapkan oleh para penanam sehingga penting bagi mereka yang ingin melakukan pindah tanam untuk melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Untuk bisa menanam tanaman okra dengan baik pun sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan cara-cara yang rumit mengingat penanaman okra tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak pilihan sistem yang bisa mereka pilih. Hal tersebut juga dikarenakan adanya banyak pilihan sistem yang bisa dipilih oleh mereka yang akan melakukan penanaman terhadap tanaman okra tersebut mulai dari sistem tanam organik, hidroponik, maupun aquaponik. Diantara banyaknya sistem penanaman yang ada di indonesia, sistem penanaman organik merupakan salah satu cara penanaman yang paling mudah dilakukan karena tidak membutuhkan peralatan yang rumit pada sistem penanaman organik tersebut. Nah, bagi anda yang mau melakukan pindah tanam tanam tanaman okra menggunakan sistem organik tersebut, berikut adalah step by step yang bisa dilakukan.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menyiapkan polibag yang cukup untuk penanaman okra yaitu yang memiliki diameter minimal 20 cm.
  2. Selanjutnya, siapkan tanah, pupuk kohe dan sekam bakar masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.
  3. Campurkan ketiga bahan diatas di tempat terpisah hingga tercampur dengan merata.
  4. Setelah itu, gunakan campuran tersebut sebagai media tanam dan masukan ke polibag yang tadi telah disiapkan.
  5. Buatlah lubang tanam pada media tanam tersebut.
  6. Lalu, pilih semaian tanaman okra yang sudah siap untuk dipindah tanam.
  7. Salah satu ciri-ciri semaian okra yang sudah siap pindah tanam adalah yang telah tumbuh daun sejati di semaian tersebut.
  8. Letakkan semaian tersebut di lubang tanam yang sudah disiapkan, lalu tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya.
  9. Setelah itu, siramkan air secukupnya ke akar semaian agar tanaman tidak kekurangan air.

Demikian adalah step by step yang bisa dilakukan bagi anda yang ingin melakukan pindah tanam tanaman okra dengan sistem organik. Setelah langkah pindah tanam tanaman okra tersebut selesai dilakukan, maka tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan tanaman dan memanennya apabila telah siap panen. Nah, bagi anda yang mau order benih tanaman okra untuk ditanam di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *