Cara Pindah Tanam Melon Mini Dengan Cara Organik

Urbanina.com Рbuah melon adalah buah kesukaan banyak orang. Buah melon banyak ditanam oleh para petani dan akan langsung ditunggu oleh mereka yang suka dengan buah melon tersebut ketika sudah dipanen. Buah melon sendiri merupakan salah satu buah yang bisa ditanam di iklim tropis dengan perawatan yang sangat hati-hati. Selain buah melon, kini buah melon mini juga bisa ditanam di iklim di indonesia tersebut. Salah satu hal yang menarik dari buah melon mini tersebut adalah ukuran  buahnya yang lebih kecil dari melon pada umumnya. Cara penanamannya pun sebenarnya tidak terlalu berbeda mulai dari penyemaian, cara pindah tanam melon mini hingga pamanenan. Bagi para petani melon, menanam melon mini di sawah maupun di kebun tentu saja sudah menjadi hal yang biasa, namun hal tersebut mungkin sedikit berbeda untuk para hobiis. Para hobiis akan lebih menikmati penyemaian, cara pindah tanam melon mini hingga pemanenan bukan untuk mencari hasil melainkan untuk memanfaatkan waktu luang yang ada.

cara pindah tanam melon mini

Seperti melon pada umumnya, buah melon mini tersebut bisa ditanam dengan berbagai sistem penanaman seperti sistem organik, hidroponik maupun aquaponik. Di indonesia sendiri, kebun melon tersebut kebanyakan masih menggunakan sistem konvensional dikarenakan menyesuaikan perubahan cuaca yang ada. Namun, untuk bisa menghasilkan buah melon mini yang sehat, maka menyemai, cara pindah tanam melon mini, hingga perawatan dan panen sebaiknya menggunakan sistem organik. Kita tahu bahwa sistem organik sendiri adalah salah satu sistem penanaman yang paling alami dan terbukti menghasilkan hasil tanam yang lebih sehat dibandingkan sistem lainnya.

Ada banyak tanaman yang telah ditanam dengan sistem organik tersebut dan bisa menghasilkan hasil tanam yang sehat dan berkualitas. Mulai dari berbagai sayuran organik hingga buah-buahan organik semuanya memiliki kualitas yang berani dibandingkan. Harga yang ditawarkan untuk sayuran dan buah-buahan organik tersebut pun relatif cukup mahal apabila dibandingkan dengan jenis sayuran dan buah-buahan pada umumnya. Hal ini dikarenakan penanaman organik memang lebih membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan memiliki kehati-hatian yang lebih agar bisa menghasilkan hasil tanam organik yang sehat dan baik untuk konsumen. Seperti pada penanaman melon mini dengan sistem organik ini juga harus dilakukan dengan baik mulai dari semai hingga panen. Adapun cara semai melon mini tentu saja sudah biasa untuk dilakukan, akan tetapi untuk cara pindah tanam melon mini dengan cara organik ini perlu diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  • Langkah pertama adalah mempersiapkan polibag dengan ukuran minimal berdiameter 20 cm.
  • Isi polibag tersebut dengan media tanam organik yaitu sekam bakar, cocopeat dan pupuk organik yang dicampur dengan perbandingan 1:1:1.
  • Setelah itu, buat lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Siapkan semaian melon mini yang sudah siap untuk dipindah tanam.
  • Langsung pindahkan semaian yang sudah siap pindah tanam tersebut ke lubang tanam yang telah disiapkan tersebut.
  • Setelah selesai, siram dengan air secukupnya pada akar semaian agar tidak kekeringan.

Demikian adalah tahapan yang bisa dilakukan untuk melakukan pindah tanam pada semaian melon mini dengan cara organik. Setelah pindah tanam selesai, maka tahapan selanjutnya adalah perawatan hingga nanti datang masa panen. Adapun salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengenakan tanaman ke sinar matahari dikarenakan tanaman membutuhkan sinar matahari tersebut untuk bisa tumbuh dengan baik. Sehingga, tanaman melon mini tersebut bisa tumbuh dengan baik dengan ditanam di sistem organik tersebut. Nah, bagi anda yang mau order benih melon mini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *