Cara Mudah Menanam Murbei Dari Batangnya

Urbanina.com – Tanaman murbei adalah tanaman kesukaan anak-anak. Buahnya memiliki bentuk yang lucu dan menarik, sednagkan rasanya tidak diragukan lagi. Bagi para orang tua yang memiliki tanaman ini di rumahnya tentu tidak perlu repot-repot memberikan makanan terhadap anaknya karena dengan memetik buah murbei di kebun, anak pun jadi ceria tanpa harus mengeluarkan uang. Dibalik itu, ternyata semua orang tua bisa memulai menanam tanaman murbei sejak saat ini juga. Karena, terdapat cara mudah menanam murbei yang tidak pernah kita kira sebelumnya, yaitu menanam murbei dari batangnya.

Jika anda tertarik untuk bisa memakai cara mudah menanam murbei dari batangnya ini, anda sekaligus juga akan merasakan khasiat positif dari buah murbei yang anda panen nantinya. Ya, selain disukai anak-anak, buah murbei ini ternyata juga memiliki khasiat positif yang baik bagi tubuh. Tak heran, apabila anak yang suka mengkonsumsi buah ini akan memiliki pertumbuhan yang lebih optimal karena tidak mudah terserang penyakit. Baiklah, tanpa panjang lebar, kali ini Urbanina akan memberikan tips atau cara mudah menanam murbei dari batangnya. Simak tips dari kami dibawah ini.

Sebelum melakukan penanaman murbei, terlebih dahulu kita perlu mempersiapkan alat dan bahan agar proses penanaman nantinya dapat berjalan lancar tanpa halangan. Apa saja alat bahan yang perlu disiapkan?

  1. Batang murbei dengan panjang minimal 30cm, anda bisa mencari batang murbei ini dari dahan tanaman murbei yang mudah dijumpai. Anda bisa meminta pada tetangga anda yang telah lebih dahulu membuahkan tanaman murbei ini.

1 (2)

  1. Media tanam, anda bisa menggunakan pupuk kandang yang dicampur dengan tanah. dua campuran bahan tersebut dirasa cukup untuk penanaman murbei yang mudah ini.
  2. Peralatan tanam seperti; cetok, wadah media tanam, dan air secukupnya. Itulah peralatan pokok yang perlu anda siapkan. Untuk wadah media tanam, kami menggunakan polybag hitam kecil, karena polybag ini memang didesain untuk bertanam bibit atau tanaman kecil sehingga cocok kami gunakan, harga di pasaran pun terjangkau.

Itulah alat dan bahan yang perlu disiapkan, setelah selesai menyiapkan semua perlengkapan tanam diatas, maka saatnya untuk memulai penanaman murbei dengan cara mudah. Untuk itu, langkah selanjutnya anda cukup mengikuti langkah mudah demi langkah mudah berikut ini:

  1. Letakkan media tanam pada wadah

Pada polybag atau wadah media tanam, letakkan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang didalamnya.Batas media tanam yang dimasukkan kedalam polybag tidak perlu terlalu penuh, perlu ada sisa sekitar 1 inci dari garis atas polybag.

  1. Beri air pada media tanam

Selanjutnya, berikan sedikit air pada media tanam yang terdapat pada polybag. Cukup dengan air secukupnya saja agar media tanam menjadi lembab. Tidak terlalu basah, tetapi  tidak terlalu kering juga.

  1. Lalu siapkan lubang tanam

2

Siapkan lubang tanam pada media tanam disesuaikan dengan ukuran batang murbei. Untuk kedalaman lubang bisa dengan ukuran sekitar 5-10 cm.

  1. Buat batang murbei siap di tanam

Batang murbei tidak bisa ditanam pada lubang tanam begitu saja. Hal yang perlu diperhatikan adalah anda perlu memangkas semua daun yang ada pada batang murbei tersebut.

  1. Tanam batang murbei dan selesai

3

Langkah terakhir adalah dengan menancapkan batang murbei pada lubang tanam yang telah disiapkan, dan selesai. Mudah, bukan? Jangan lupa mengecek kelembaban media tanam setiap pagi agar tanaman anda bisa lebih cepat tumbuh.

4

Demikian cara mudah menanam murbei dari batang yang dapat kami bagikan untuk anda. Anda tertarik untuk bertanam tanaman dirumah? Terus ramaikan web kami di www.urbanina.com dan anda bisa dapatkan berbagai inspirasi melalui artikel yang terus kami update/perbarui setiap hari.

5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *