Cara Menyemai Bidara Arab

Urbanina.com – bidara arab merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam di indonesia. Jenis tanaman bidara arab yang ditanam di indonesia tersebut banyak ditanam oleh mereka yang memang suka bertanam tanaman bidara arab. Kita tahu ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di indonesia yang memiliki iklim tropis ini. Sehingga bagi mereka yang memang seorang hobiis bertanam tanaman tentu sangat dimanjakan dengan berbagai pilihan tanaman yang bisa ditanam di kebun mereka. Nah, bagi anda yang suka berkebun tentu sudah tidak asing lagi dengan aktivitas menyemai. Menyemai merupakan salah satu tahapan dalam berbagai penanaman pada hampir semua tanaman termasuk saat menenam tanaman bidara arab ini. Lalu, bagaimana cara menyemai bidara arab ini?

menyemai bidara arab

Mungkin sebagian dari kita masih belum memulai bertanam tanaman di rumah karena terkendali berbagai kendali seperti keterbatasan lahan dan lain-lain. Namun, untuk menanam bidara arab ini kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan masalah lahan yang hanya tersedia sempit maupun kendala lainnya. Karena bertanam bidara arab ini bisa dilakukan di lahan yang sempit sekalipun. Hanya saja dalam bertanam bidara arab ini perlu diperhatikan cara penanaman yang benar sekaligus pemeliharaan tanaman yang baik. Tentu saja hal ini sudah menjadi seperti kebiasaan bagi mereka yang hobi bertanam tanaman di rumah. Namun, bagi mereka yang masih pemula tentu harus belajar sedikit demi sedikit agar bisa terbiasa dengan cara menyemai bidara arab yang masih terdengar awam ini.

Tanaman bidara arab yang kita tanam di halaman rumah nantinya tentu tidak hanya bermanfaat untuk penyalur hobi saja. Tetapi, tentu akan ada manfaat lain yang bisa didapatkan oleh penanam yaitu berbagai manfaat yang didapatkan dari kandungan gizi pada tanaman bidara arab ini. Nah, sebelum memulai cara menyemai bidara arab hal yang pertama perlu dilakukan adalah untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Adapun alat dan bahan yang diperlukan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. benih bidara arab
  2. sekam bakar
  3. pupuk kohe
  4. air secukupnya
  5. penutup semaian

Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan siap, kita bisa memulai penyemaian bidara arab dengan langkah-langkah cara menyemai bidara arab sebagai berikut.

  • Langkah pertama adalah media tanam atau media semai. Adapun media tanam tersebut akan kita buat dari bahan sekam bakar dan pupuk kohe kotoran sapi dengan perbandingan 1:1. Campurkan kedua bahan tersebut dengan merata agar menjadi media tanaman atau media semai yang bagus untuk bidara arab yang akan kita semai.
  • Setelah media tanam siap, buat lubang tanam pada media tanam tersebut menggunakan ujung jari tangan atau menggunakan ranting jika tidak mau tangannya kotor.
  • Buka kemasan benih bidara arab, lalu masukkan benih bidara arab tersebut ke lubang tanam yang telah siap. Jangan lupa untuk menutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menyiram semaian dengan air secukupnya agar media tanam menjadi lembab dan benih mudah tumbuh.

Nah, itu tadi adalah langkah demi langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai penyemaian terhadap benih bidara arab anda. Adapun selama menunggu benih pecah benih, anda perlu terus menjaga kelembaban media tanam agar benih yang anda semai tersebut bisa lebih cepat pecah benih. Dan setelah benih pecah benih jangan lupa untuk langsung mengenakan tanaman ke sinar matahari agar tanaman tidak tumbuh kutilang. Nah, bagi anda yang mau order sekam bakar untuk penyemaian bidara arab ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *