Cara Menyemai Benih Tanaman Kelor Dengan Cara Organik

Urbanina.com - daun kelor atau tanaman kelor merupakan salah satu tanaman yang banyak disukai masyarakat karena khasiat yang dimilikinya. Tanaman kelor tersebut merupakan salah satu tanaman yang cocok digunakan untuk berbagai pengobatan. Sehingga, ada juga yang menyebutkan bahwa tanaman kelor ini merupakan tanaman yang memiliki manfaat khusus untuk pemiliknya. Bagi anda yang mau menanam tanaman kelor ini tentu saja anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat yang terdapat pada tanaman ini. Adapun cara penanaman tanaman kelor ini juga bisa dilakukan dengan cara organik. Mulai dari cara menyemai benih tanaman kelor hingga cara panen semua bisa dilakukan dengan cara organik. cara menyemai benih tanaman kelor Salah satu tujuan mengapa cara menanam atau cara menyemai benih tanaman kelor ini dilakukan dengan sistem organik adalah agar tanaman kelor yang tumbuh nantinya memiliki kualitas yang unggulan dan sehat ketika dikonsumsi. Kita tahu bahwa ada beberapa macam hasil tanam di pasaran yang tidak ditanam dengan sistem organik terkadang masih mengandung bahan kimia yang digunakan saat ditanam dahulu. Hal tersebut tentu saja tidak baik bagi kesehatan konsumen apabila zat-zat kimia tersebut secara tidak langsung masuk ke tubuh manusia melalui sayuran atau bahan makanan lainnya yang dikonsumsi. Oleh karena itu cara menanam atau cara menyemai benih tanaman kelor dengan sistem organik ini bisa diaplikasikan untuk mendapatkan hasil maksimal dari tanaman yang ditanam tersebut. Bagi anda yang mau menanam tanaman kelor ini di halaman atau di pekarangan rumah, anda bisa memulai dengan cara menyemai benih tanaman kelor dengan cara organik ini. Adapun cara penyemaian benih tanaman kelor ini tidak terlalu rumit untuk dilakukan karena secara umum dapat dilakukan dengan prinsip penyemaian tanaman pada umumnya. Terutama bagi anda yang sudah memiliki hobi berkebun ini sejak awal, tentu saja menyemai benih kelor bukan lagi menjadi hal baru yang menjadi masalah bagi anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara penyemaian benih tanaman kelor dengan sistem organik.
  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu wadah semacam nampan yang nanti akan digunakan untuk sebagai wadah media tanam atau media semai.
  • Lalu, siapkan sekam bakar, cocopeat, dan pupuk kohe dengan perbandingan masing-masing adalah 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut di tempat terpisah hingga tercampur dengan merata. Lebih merata tentu saja lebih baik agar unsur hara yang terdapat pada pupuk kohe bisa lebih merata pula. Setelah selesai, gunakan campuran tersebut sebagai media tanam atau media semai.
  • Masukkan media semai tersebut kedalam wadah yang tadi telah disiapkan.
  • Buat lubang tanam pada media tanam menggunakan ujung jari tangan.
  • Buka kemasan benih kelor yang telah dibeli.
  • Letakkan benih kelor tersebut kedalam lubang tanam yang telah disiapkan, lalu tutup kembali lubang tanam tersebut menggunakan media tanam di sekitarnya.
  • Langsung jaga kelembaban media tanam dengan cara menyiram semaian dengan menggunakan air secukupnya.
  • Terus jaga kelembaban media tanam setiap hari dan tunggu hingga benih berhasil pecah benih.
  • Setelah semaian berhasil pecah benih, langsung kenakan semaian ke sinar matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.
Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk penyemaian benih tanaman kelor dengan cara organik. Dengan menyemai benih di wadah semacam nampan kecil tersebut maka penanam tidak perlu repot ketika ingin memindahkan semaian karena mudah dipindahkan. Nah, bagi anda yang mau order benih kelor untuk disemai dengan cara organik, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *