Cara Menyemai Benih Bunga Turi Merah Menggunakan Sistem Organik

Urbanina.com - menanam tanaman bunga di pekaragan rumah sendiri bukan lagi menjadi hal yang baru di masyarakat. Kini tanaman bunga menjadi salah satu tanaman yang cocok ditanam di halaman rumah sebagai salah satu tanaman yang bisa menghiasi halaman rumah pemiliknya. Adapun jenis bunga yang bisa ditanam di pekarangan rumah tersebut pun bisa beragam sesuai dengan kesukaan dari pemiliknya. Ada yang suka dengan bunga kenikir, bunga turi merah, bunga telang dan lain-lain. Menanam tanaman bunga di rumah sendiri sebenarnya tidaklah sulit dan bisa dilakukan meskipun anda masih pemula. Mulai dari cara menyemai benih bunga turi merah sampai perawatan tanaman misalnya, semua bisa dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar. cara menyemai benih bunga turi merah Untuk menanam tanamn bunga tersebut maka penanam bisa memilih sistem tanam yang akan digunakan untuk menanam tanaman bunga tersebut. Adapun sistem tanam yang bisa digunakan untuk menanam tanaman bunga tersebut diantaranya adalah sistem organik, hidroponik, aquaponik dan banyak sistem lainnya. Kalau anda ingin menanam tanaman bunga dengan sistem organik, sebenarnya anda bisa lebih menghemat pengeluaran apabila menggunakan pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan yangmudah dijumpai seperti kotoran sapi maupun kotoran kambing. Yang menarik dari penanaman tanaman bunga dengan sistem organik ini adalah penanam akan mendapatkan tanaman bunga yang subur kalau unsur hara yang terdapat pada pupu kohe berada dalam jumlah yang sesuai. Tanaman bunga yang menarik untuk ditanam adalah tanaman bunga turi merah. Tanaman bunga turi merah yang ditanam di halaman rumah tidak hanya berfungsi sebagai penghias rumah saja. Akan tetapi bunga turi merah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai alat kecantikan maupun kesehatan manusia. Dan penanaman tanaman bunga turi tersebut bisa dilakukan dengan sistem organik yang dimulai dari cara menyemai benih bunga turi merah. Cara menyemai benih bunga turi merah ini bisa anda lakukan di rumah sendiri saat memiliki waktu luang. Adapun cara menyemai benih bunga turi merah ini tentu saja dilakukan menggunakan sistem organik. Berikut adalah tahapan penyemaian benih bunga turi merah tersebut.
  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu nampan kecil atau semcacamnya. Nampan kecil tersebut nantinya akan digunakan sebagai wadah media semai atau media tanam.
  • Siapkan tiga bahan yaitu pupuk kohe, sekam bakar, dan cocopeat masing-masing dengan berpandingan 1:1:1. Sekam bakar bisa membuat sendiri yaitu dari sekam padi yang dibakar namun tidak sampai menjadi abu.
  • Campurkan ketiga bhan diatas hingga merata. Semakin merata campurannya maka akan semakin bagus. Campuran inilah yang akan digunakan untuk media tanam atau media semai.
  • Letakkan media tanam ke nampan kecil yang telah siap, lalu buat lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Buka kemasan benih bunga turi merah, lalu letakkan benih bunga turi merah tersebut ke lubang tanam yang telah siap tersebut.
  • Tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya lalu siram semaian menggunakan air secukupnya agar media tanam menjadi lembab.
  • Jaga terus kelembaban media tanam agar benih bisa cepat pecah benih.
Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan saat penyemaian benih bunga turi merah menggunakan sistem organik. Setelah semaian berhasil, maka anda bisa langsung mengenakan benih tersebut ke sinar matahari agar pertumbuhan semaian bisa lebih optimal. Nah, bagi anda yang mau order sekam bakar untuk menyemai benih bunga turi tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *